Jumat, 13 Mei 2016

[KURATORIAL] PRELIMINARY | BINGKAI MIMPI

Do you desire dreams?
Or do you fear nightmares?
What if your sweetest dreams
are also your very worst nightmares?
And what if you were told to face them?
And you can’t look away from them …
You are the Dreamers, the Reveriers,
and we all want to see your Masterpieces
in these little frame of your dreamland

--

====================================
BATTLE OF REALMS 6 : MASTERPIECE OF REVERIERS
PRELIMINARY MATCH
==================================

Para peserta akan memainkan 91 pemimpi dari ratusan pemimpi lain yang dipanggil ke Alam Mimpi. Sebelumnya, silakan baca dulu cerita pengantar dari panitia di sini.

Berikut adalah ringkasan cerita untuk babak preliminary ini:

  1. OC peserta didatangi oleh Zainurma dan Ratu Huban pada suatu mimpi. Sosok mereka tak terlalu jelas sehingga pada saat itu OC peserta tak mengetahui identitas Zainurma ataupun Ratu Huban. Yang bisa terdengar jelas adalah bagian “reveriers”, “mahakarya”, “Alam Mimpi”. Sisanya terdengar samar-samar.
  2. OC peserta akan terbangun dan mendapati semesta mereka menjadi sedikit berbeda. Semesta OC peserta akan dirasa mengecil, menyisakan hanya beberapa kilometer persegi. Semesta kecil ini disebut sebagai “Bingkai Mimpi”. Bingkai Mimpi ini mengambil bentuk sebagian dari semesta OC peserta, entah itu secara utuh, ataupun terdistorsi. Jadi, jika OC peserta dari Bumi, maka bisa saja Bingkai Mimpi-nya merupakan gabungan pemandangan Menara Eiffel dan Monas sekaligus. Selama semua itu memang berasal dari semesta OC yang bersangkutan.
  3. OC peserta akan mendapati suatu lawan tangguh dari semestanya sendiri.
  4. Lawan itu bisa berupa satu orang/makhluk, ataupun segerombolan orang/makhluk, disesuaikan dengan situasi yang kalian rancang. Yang jelas, lawan itu merupakan sosok-sosok paling berbahaya yang ada di semesta OC peserta.
  5. Tugas OC peserta adalah mengalahkan lawan tersebut dengan cara apapun. Mengalahkan itu bisa berarti membunuh, membuat bertekuk lutut, menyerah, menandatangani perjanjian rekapitulasi, atau apapun.
  6. Di tengah cerita, OC peserta akan kehilangan ‘inspirasi’ secara perlahan-lahan. Mereka akan mulai melupakan segala kemampuan yang mereka miliki, menyisakan kemampuan dasar dan kemampuan pasif saja. Jadi jalan cerita terserah kalian, apakah menghabisi lawan secepat mungkin sebelum segala kemampuan OC menghilang, atau membuat semuanya lebih dramatis dengan cara lain.
  7. Jangan lupa rancang cerita yang sesuai dengan Alignment Challenges seperti yang sudah diumumkan di page.
  8. OC peserta akan sampai pada ujung Bingkai Mimpi di mana dia akan dijemput oleh Ratu Huban dan salah satu dari Zainurma/Mirabelle. Ratu Huban akan memberikan OC peserta seekor domba putih sebagai tanda bahwa OC tersebut berhasil menyelesaikan tugas.
  9. Saat itu, OC peserta sudah benar-benar melupakan segala kemampuan mereka kecuali kemampuan dasar dan kemampuan pasif.


Berikut adalah cara mengirim entri/penilaian untuk babak preliminary ini:

  1. Deadline babak preliminary ini adalah sampai tanggal 5 Juni 2016, pukul 23.59 WIB.
  2. Kopas seluruh entri kalian ke badan email serta lampirkan file Word-nya sebagai backup, lalu kirimkan ke battleofrealms.id.masterpiece@blogger.com cc ke battleofrealms.id@gmail.com
  3. Apa yang tertulis ada di badan email adalah apa yang akan muncul di blog sebagai postingan entri prelim kalian. Jadi buatlah yang rapi dan periksa lagi tata bahasanya karena panitia tak akan mengedit segala kesalahan penulisan.
  4. Subject email adalah [PRELIM] NAMA OC | JUDUL CERITA, contoh: [PRELIM] URSARIO | MIMPI BONEKA TEDDY BAIK HATI
  5. Panjang cerita maksimal di kisaran 10K (antara 10.000 kata sampai 10.999 kata).
  6. Semua entri akan diposting di blog dan dipublikasikan melalui page BoR.
  7. Setiap peserta wajib membaca dan memberikan review ke minimal 10 entri peserta lainnya. Untuk lebih adil, 10 entri yang wajib diberikan komentar adalah 10 entri yang diposting sebelum dan sesudah entri kalian sendiri. Lima entri sebelum dan lima entri sesudah (jika entri kalian paling pertama berarti 10 entri sesudah, begitu juga jika entri kalian terakhir berarti 10 sebelum). Itu yang wajib dan yang akan dihitung oleh panitia. Kalian tentu boleh memberikan review ke entri selain yang 10 itu, dan itu sangat dianjurkan untuk mereview sebanyak-banyaknya entri lain.
  8. Jika tidak memenuhi kuota review, maka akan ada pengurangan nilai rerata sebesar 1,0 tiap kurang 1 review. Jadi bukan tidak mungkin entri yang ceritanya sangat bagus malah tersingkir di prelim karena tidak pernah memberikan review ke entri lain.
  9. Batas komentar adalah seminggu setelah deadline prelim, yaitu tanggal 12 Juni 2016, pukul 23.59 WIB.
  10. Pada babak prelim ini digunakan sistem passing grade sebesar 6,25. Jadi, untuk bisa lolos ke babak selanjutnya, entri kalian harus mendapatkan nilai rerata minimal 6,25. Jika entri kalian mendapatkan nilai di bawah itu maka dianggap gugur di babak ini. Begitu pula yang WO.


Berikut adalah aturan cerita untuk babak preliminary ini dan seterusnya:

  1. Pada kanon panitia, semua OC yang gugur pada babak prelim (karena WO ataupun tidak mendapatkan nilai melewati passing grade) akan menjadi properti dari Museum Semesta.
  2. Bingkai Mimpi bisa berisi apapun yang berada di semesta OC peserta. Bangunan, manusia, binatang, monster, apapun. Jika OC peserta ditemani sejumlah sub-OC, maka mereka HARUS dimunculkan pada Bingkai Mimpi ini agar bisa masuk ke dalam cerita prelim OC peserta dan cerita seterusnya. Namun jika tidak, maka akan ada kesempatan lain pada babak-babak berikutnya untuk memunculkan sub-OC tersebut (dengan catatan bahwa sebelum babak itu tiba, sub-OC kalian jadi tidak bisa digunakan).
  3. Bingkai Mimpi akan tetap berada di Alam Mimpi sampai seterusnya.
  4. Pada babak berikutnya, OC peserta akan dibawa berkunjung ke Museum Semesta, sedangkan sub-OC mereka akan tetap berada di dalam Bingkai Mimpi.
  5. Semua kekuatan yang berhubungan dengan pindah dimensi akan dibuat non efektif oleh Sang Kehendak sehingga OC peserta tak bisa melarikan diri selama berlangsungnya turnamen. Kekuatan sejenis yang hanya memindahkan barang/senjata dari dimensi lain masih diperbolehkan.
  6. Sejak masuk ke Alam Mimpi, jiwa OC peserta sudah dikuasai oleh Sang Kehendak. OC bisa hancur lebur dibunuh tetapi jiwanya akan tetap utuh. Mirabelle bisa menyembuhkan OC peserta (atas izin Sang Kehendak) dan menanamkan kembali jiwa itu ke tubuh OC peserta.
  7. OC panitia seperti Zainurma, Mirabelle, Ratu Huban, Oneiros, dll., memiliki kemampuan abstraksi yang membuat mereka kebal dari serangan peserta. Jadi, jangan repot-repot menyerang mereka. Nanti akan ada saatnya di mana OC peserta bisa meruntuhkan pertahanan abstraksi tersebut.


=======================
SELAMAT BERMIMPI DAN BERKARYA
=======================

8 komentar:

  1. O_O oke ... berarti secara tidak langsung, sebelum Kesempatan lain ada sub-OC ga bisa muncul di cerita kalau si author lupa masukin sub-OC ke bingkai cerita. Dalam arti, semua sub-OC wajib ada dan memainkan perannya di Prelim.

    di awal cerita Huban dan Zainurma wajib dua-duanya ada, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya sih ada tapi ga disebutin namanya, samar2 gitu kan?

      Hapus
    2. bukannya samar samar ya
      jadi chara kita sendiri gak tau

      Hapus
    3. Kalau sub-OC-nya ndak muncul di prelim, mesti nunggu kesempatan pada babak berikutnya untuk muncul

      Hapus
  2. Pertarungan harus fisik atau ga sealu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai dengan bidang keahlian OC kamu dan tantangan yang dia ambil.

      Hapus
  3. Kalau teleportasi tapi masih di dalam bingkai mimpi dibolehkan tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh. Tapi kalau itu bukan kemampuan dasar, maka lama-lama teknik teleportasi itu tidak bisa digunakan lagi sesuai batasan Bingkai Mimpi.

      Hapus

Selamat mengapresiasi~

Tuliskan komentar berupa kesan-kesan, kritik, ataupun saran untuk entri ini. Jangan lupa berikan nilai 1 s.d. 10 sesuai dengan bagus tidaknya entri ini berdasarkan ulasan kalian. Nilai harus bulat, tidak boleh angka desimal. Perlu diingat, ulasan kalian harus menunjukkan kalau kalian benar-benar membaca entri tersebut, bukan sekadar asal komen. Admin berhak menganulir jika merasa komentar kalian menyalahi aturan.

PENTING: Saling mengkritik sangat dianjurkan tapi harus dengan itikad baik. Bukan untuk menjatuhkan peserta lain.