Sabtu, 16 April 2016

[KATALOG KARAKTER] 029 - PUCUNG | SCARECROW CONNOISSEUR

Ilustrasi Pucung oleh LINI SARI
/1/ DATA KARAKTER
Nama Lengkap
:
Pucung
Panggilan/Julukan
:
Scarecrow Connoisseur
Profesi/Tipe Petarung
:
Bebegig – Orang-orangan sawah dengan kemampuan ghaib
Jenis Kelamin
:
tak ada, namun cenderung feminim
Usia
:
45.223 tahun
Ras/Suku
:
Pupuh
/2/ KARAKTERISASI
Kecenderungan Etika
:
Lawful
Kecenderungan Moral
:
Evil
Tipe Umum
:
Lawful-Evil (Dominator)
Sifat yang Menonjol
:
teguh, penyabar, ambisius, ulet, usil, pemarah
Hal yang Disukai
:
tumbuhan, anak-anak, petani, pertengkaran
Hal yang Dibenci
:
burung gagak, tikus, ular, pengganggu
Contoh Gaya Bicara
:
"Ma-mana ada yang begituan."
"A-aku tidak bisa berkata apa-apa lagi. Terlalu banyak pelanggaran!"
"To-tolong jangan tarik kain kafanku."

/3/ PENAMPILAN
Tinggi
:
140 cm
Berat
:
20 kg
Deskripsi Fisik
:
Kepala
-berwajah jerami datar dengan mata berbentuk persegi panjang vertikal, mulut persegi panjang horizontal, tanpa hidung.
-bagian atas kepalanya diikat seperti ikatan tali pocong
-mata hitam, hidung mancung, raut wajah tegas

:
Badan
-tubuh berupa rangkaian jerami berbalut kain kafan putih berlapis sobek-sobek
-tangan dan kaki berupa ikatan jerami
Aksesoris Khas
:
sepasang sepatu mobil-mobilan dari kayu di kakinya, empat mobil-mobilan lain juga tersembunyi di balik jubah kainnya
Senjata
:
perasukan dan energi ghaib

/4/ KEMAMPUAN
Kemampuan Dasar
:
Stealth: Surprise! Teknik bela diri dasar Pucung sebagai bebegig. Menyembunyikan aura keberadaan, mengendap-endap, kemudian melakukan serangan kejutan sudah menjadi keahliannya. Pukulan dan tendangan yang dihasilkan dengan teknik ini cukup untuk mengempaskan orang dewasa sejauh 10 meter karena seluruh tubuhnya dialiri energi ghaib.
batasan
:
Terkadang kemampuan Stealth: Surprise!-nya terganggu oleh bunyi berisik dari roda-roda sepatu mobil kayunya sendiri. Malah, pernah juga kain kafannya tersangkut sesuatu sehingga ia gagal melancarkan serangan.
Kemampuan 1
:
Ruina Valanka
Energi ghaib hitam terpancar dari tubuh Pucung, melumpuhkan indera pada wajah lawan. Pucung dapat memilih salah satu dari efek berikut: mata tak bisa melihat, telinga tak bisa mendengar, mulut tak bisa berbicara, hidung tak bisa mencium. Berlaku untuk segala jenis makhluk.
Batasan
:
- Efek kemampuan ini hanya berlangsung 10 menit dengan jeda 1 menit sampai dapat digunakan kembali.
- Radius target yang dapat terkena saat kemampuan ini diaktifkan hanya 10 meter, jadi Pucung harus memenuhi jarak yang dibutuhkan dahulu untuk mengenai target.
Kemampuan 2
:
Kersa Meista
Sebagai setan, Pucung dapat berubah wujud sesuai wujud tertentu dari ingatan lawan. Ingatan seseorang yang terkena Kersa Meista seolah dipindai dan diwujudkan sama persis dengan yang lawan ingat dan mampu bayangkan.

Singkatntya, Pucung dapat menyamar menjadi makhluk lain secara terus-menerus selama satu jam penuh dan bisa membatalkan penyamaran sesuka hatinya.
Batasan
:
- Perubahan wujud ke bentuk lain setelah perubahan pertama tetap mengkonsumsi durasi satu jam sejak perubahan pertama.
- Perubahan wujud akan otomatis tergagalkan jika tubuh Pucung terkena guyuran air (setidaknya kira-kira sebanyak satu ember air). Pucung juga tak bisa berubah menjadi makhluk air.
- Diperlukan waktu satu jam untuk dapat menggunakan kemampuan ini kembali setiap harinya.
Kemampuan 3
:
Jagat Sentra
Kedua mata Pucung bersinar putih. Kemampuan ini bertindak sebagai peningkatan fokus yang mengarahkan segala serangan pada kaki, telinga atau sayap musuh atau organ lainnya untuk menghancurkan keseimbangannya. Ada 50% kemungkinan kemampuan ini dapat membaca arah gerak musuh jika digunakan pada saat bertahan.
Batasan
:
- Konsentrasi maksimal Pucung hanya akan berlangsung selama 15 menit semenjak kekuatan ini diaktifkan, selebihnya pandangan Pucung akan menjadi kabur selama 5 menit sebelum efek kemampuan ini hilang. Jadi durasi seluruhnya untuk kemampuan ini adalah 30 menit.
Kemampuan 4
:
Seda Niskala
Energi ghaib putih yang terpusat pada dua pasang sepatu bermodel mobil-mobilan membantu Pucung bergerak dengan lebih cepat di permukaan yang datar. Terdapat empat lagi mobil cadangan yang bisa Pucung gunakan di balik kain kafannya. Sepatu beroda ini dapat digunakan untuk melompat dengan ketinggian luar biasa jika dijalankan pada sebuah landasan yang memadai. Kecepatannya memungkinkan Pucung nyaris tidak terlihat di permukaan yang datar.
batasan
:
- Permukaan tak rata membuat kemapuan ini sangat berkurang drastis keefektifannya.
- Pengendalian yang tidak sempurna dapat menyebabkan Pucung tergelincir dengan sendirinya.
- Jika sepatu mobil-mobilannya rusak, Pucung harus mencari waktu untuk memasang mobil cadangan yang ada di balik kain kafannya.
ARSAMAGNA
:
POSSESA QWASA [terkunci]
batasan
:
-
~DOMBA~
:
-

/5/ KELEMAHAN
Kelemahan Fatal
:
- Kontra dengan kepercayaan populer, Pucung sangat mempan terhadap api walaupun ia adalah setan yang terbuat dari api. Api justru merupakan titik kelemahannya yang paling fatal karena akan merusak tubuh jerami dan sepatu mobil kayunya. Hancurnya tubuh pucung akan mengakibatkannya kehilangan wadah penghubung dimensi dunia materi baik ghaib maupun non-ghaib, menjadikannya arwah tidak berdaya.

- Pada dasarnya Pucung tidak lebih dari seonggok jerami bersepatu roda. Jadi permukaan yang tidak rata akan merugikannya dalam bertarung. Ia hanya bisa melompat. Bukan terbang. Ia juga jelas-jelas tidak bisa berjalan di atas air.
Kelemahan Lain
:
-Walaupun secara alami mendukung tindak kejahatan, Pucung mengandalkan prinsip-prinsip hukum Preanger dalam bertindak. Tak jarang batinnya terkonflik apabila ada yang mempertanyakan keabsahan hukumnya, menghilangkan niat bertarung Pucung.

-Jika tubuhnya terluka (jerami terbakar, atau hancur), perlu waktu seharian untuk memulihkannya kembali.

/6/ LATAR BELAKANG
Semesta Asal
:
Buana Nyungcung, Preanger - the abode of hyangs.
Deskripsi Semesta
:
Preanger merupakan tanah hijau pemujaan hyang (tuhan). Alam ini dibagi menjadi 18 lapisan dimensi, dengan 3 dimensi utama. Di sini tinggal sekelompok arwah ghaib bernama "pupuh" yang berada pada  dimensi Buana Nyungcung (The Pointy Realm). Para pupuh terbagi menjadi golongan Sekar Alit dan Sekar Ageung. Pucung adaah bagian dari Sekar Alit bersama 12 pupuh lainnya. Manusia, hewan dan tumbuhan pun tinggal di Preanger, hanya saja di dimensi berbeda, yaitu Buana Panca Tengah (The Middle Realm). Sementara setan, iblis dan arwah ghaib jahat lainnya umumnya tinggal di Buana Larang (The Forbidden Realm).
Biografi Singkat
:
Pucung merupakan setan perwujudan pupuh yang melambangkan amarah pada diri sendiri. Setan ini akan muncul di hadapan anak-anak nakal, terkadang menghukum mereka, menasihati mereka agar tidak terlalu banyak bermain, atau malah menghasut mereka dengan iming-iming kesenangan yang polos. Pucung juga akrab dengan beberapa binatang kecil, namun membenci binatang berjenis hama.

Awalnya, sebagai setan, Pucung tak memiliki tubuh yang jelas. Tetapi Sang Hyang Kersa – tuhan penguasa Preanger mengangkatnya menjadi pupuh bebegig dalam Sekar Alit, ia mendapatkan wujud dan kemampuan yang lebih istimewa. Tidak hanya kemampuan bertarung, namun juga kebijaksanaan. Pucung bahkan dapat menyebrangi tiga dimensi Preanger tanpa kesulitan. Acapkali, ia muncul sebagai sebuah bebegig di sawah manusia manapun di Buana Panca Tengah tanpa disangka oleh para petani maupun penduduk lainnya.
MAHAKARYA
:
"Penghasutan massal di Mandala Hyang"

Awalnya Pucung menyangka harmoni, keseimbangan dan keteraturan adalah hal yang mutlak harus terjadi di tanah Preanger. Namun pelan-pelan ia merasa itu semua tak ada artinya. Dan ia harus melakukan sesuatu tentang itu. Salah satunya adalah dengan berusaha mencapai Mandala Hyang, tempat Sang Hyang Kersa bersemayam.

Ilustrasi Pucung oleh WILDAN HARIZ

5 komentar:

  1. s-semoga tidak bertemu dengan Pucung. Nama-nama kemampuannya kece, tapi tampangnya itu lho, nyeremin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo OC-mu anak nakal, mungkin aja bisa ketemu. Terus dijahilin. Hahaha.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Mimin, itu tag-nya kok di "good"? Pucung kan lawful evil. ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terkadang good dan evil memang tak bisa dibedakan ._.

      #becanda

      Udah diedit~

      Hapus

Selamat mengapresiasi~

Tuliskan komentar berupa kesan-kesan, kritik, ataupun saran untuk entri ini. Jangan lupa berikan nilai 1 s.d. 10 sesuai dengan bagus tidaknya entri ini berdasarkan ulasan kalian. Nilai harus bulat, tidak boleh angka desimal. Perlu diingat, ulasan kalian harus menunjukkan kalau kalian benar-benar membaca entri tersebut, bukan sekadar asal komen. Admin berhak menganulir jika merasa komentar kalian menyalahi aturan.

PENTING: Saling mengkritik sangat dianjurkan tapi harus dengan itikad baik. Bukan untuk menjatuhkan peserta lain.