Minggu, 03 April 2016

[KATALOG KARAKTER] 002 - SHERAGA ASHER | SANG ALKEMIS (update)

Ilustrasi SHERAGA oleh SASTRAWATIGILA
/1/ DATA KARAKTER
Nama Lengkap
:
Sheraga Asher [dibaca: ʃeɪra:ga aʃr]
Panggilan/Julukan
:
Sheraga/Sang Alkemis
Profesi/Tipe Petarung
:
Ilmuwan – Bertarung dengan Banyak Pertimbangan
Jenis Kelamin
:
Laki-laki
Usia
:
24 tahun
Ras/Suku
:
Manusia/Bangsa Helev (bahasa Batya untuk manusia berkulit putih) 

/2/ KARAKTERISASI
Kecenderungan Etika
:
Chaotic
Kecenderungan Moral
:
Good
Tipe Umum
:
Rebel
Sifat yang Menonjol
:
Introvert di luar. Aslinya skeptis pada konsensus masyarakat, ambisius, agak sinis, namun sebenarnya seorang perasa yang humanis, sehingga takkan tega melukai orang lain—tapi tetap akan menggebukmu kalau berani macam-macam padanya. Kepribadian INFP (yah, kau membaca dengan benar. Dia cowok perasa ._.), walau cukup teratur hidupnya.
Hal yang Disukai
:
Belajar dan orang-orang yang bertekad untuk itu, bahasa, kebudayaan, ilmu pengetahuan, wanita baik-baik, dan kedamaian. Terutama dengan keselarasan. Dia akan memperjuangkannya bahkan bila harus berhadapan dengan banyak pihak.
Hal yang Dibenci
:
Takhayul. Sistem regulasi yang lamban. Orang-orang yang masuk kategori: sok, kolot, picik, pandir (sebab tidak mau berkembang), pendusta, dan berisik—kombinasi dari semuanya merupakan jenis makhluk yang paling ingin dibinasakannya. Sheraga juga menghindari hal-hal mubazir dan perbuatan merugikan diri sendiri.
Contoh Gaya Bicara
:
-"Hai, aku Sheraga. Senang bertemu denganmu, Nona Kecil~"

-"Hmm ... ini menarik. Kupikir, penemuanmu sebetulnya punya potensi. Hanya saja orang-orang yang belum mampu mengerti. Jadi, cobalah untuk lebih disederhanakan lagi, ya. Jangan patah semangat!"

-"Ajaran Tuhan, katamu? Moral macam apa yang bisa sampai merendahkan kaum lain? Jangan membuatku tertawa."

-"Kemarahan, awalnya, memang memberimu kekuatan. Tapi ketahuilah, penyakit batin itu pula yang pada akhirnya akan mengerip jiwamu dengan sakit."

-"Pikirkan ini: jika semua orang memang diharuskan berjalan pada jalurnya yang sudah ditentukan, terus begitu sampai mati tanpa bertanya ataupun ada keragu-raguan, lantas bagaimana bisa menuju perkembangan? Invensi di dunia ini ada karena ide menyimpang, keinginan untuk melakukan perubahan, dan pikiran kritis! Menjadi apa yang kausebut normal, sama saja mengekang akal. Dan tanpa mempergunakan akal, apa bedanya manusia dengan hewan?"

-"Kembali ke jalan yang benar? Demi Ushna dan Mahra! Semestinya kau, yang belajar menjadi manusia!"

/3/ PENAMPILAN
Tinggi
:
185 cm
Berat
:
70 kg
Deskripsi Fisik
:
Kepala
Berkulit putih pucat dan berwajah agak tirus, dibingkai rambut hitam belah tengah lurus pendek. Matanya kelabu cerah, sekilas tampak keperakan. Tidak memelihara kumis, janggut, maupun cambang. Garis muka halus tanpa bintik atau kerutan.

:
Badan
Mengenakan rompi hitam, celana hitam, sepatu kulit hitam setinggi lutut, dan kemeja putih yang digulung sesikut. Yang didekap jubah gelap bertudung, yang terulur sampai ke mata kaki.
Aksesoris Khas
:
Sebuah liontin yang tersembunyi di balik kemeja, yang sebenarnya merupakan wadah untuk ekstrak bunga kehidupan—intisari darimaterial arkais. Fungsinya masih dirahasiakan. Yang jelas, Sheraga takkan pernah menggunakannya kecuali dalam keadaan yang paling genting.
Senjata
:
Sebilah pedang lurus dari logam langka keperakan sepanjang dua setengah hasta. Hasil dari ilmu metalurgi mutakhir. Sangat mustahil dihancurkan, dan dapat melahirkan api sesuai kehendak Sheraga. Pada permukaannya.

/4/ KEMAMPUAN
Kemampuan Dasar
:
Menguasai penggunaan senjata apa saja. Apabila dipertemukan dengan alat pertahanan dari peradaban yang tak dikenalinya, seperti senapan atau revolver, dia akan dengan cepat mempelajari kinerjanya.
Batasan
:
Terbatas untuk senjata ringan (bukan gada atau sejenisnya)
Kemampuan Pasif
:
Tahan berada dalam suhu ekstrem
Batasan
:
Lingkungan yang terlalu dingin mencegahnya melakukan manipulasi api.
Kemampuan 1
:
Mengadakan api dari ketiadaan dan punya kekebalan terhadap sihirnya sendiri. Tidak perlu mantra.
Batasan
:
Semakin besar skala dan sering digunakan, maka akan menguras energinya. Sedangkan menipisnya tenaga sihir, berarti mengancam keselamatan jiwa.
Kemampuan 2
:
Memanggil iblis level atas, minimal setingkat Menteri Neraka [TERKUNCI]
Batasan
:
HANYA dalam keadaan sangat terdesak. HANYA jika Sheraga terlalu putus asa, tak berdaya, atau di ambang kematian
ARSAMAGNA
:
Membuka Gerbang Neraka. Membebaskan sebanyak apa pun iblis yang Sheraga kehendaki. [TERKUNCI]
Batasan
:
Ada yang hilang dari dirinya: kearifan, kebijaksanaan, kebaikan, kenangan baik, dan keyakinan diri. Penggunaan yang teramat lama menyebabkan Sheraga cacat pikiran. Dia bisa menjadi iblis itu sendiri.
~DOMBA~
:
Chavah
Domba yang bisa terbang dan kuat seperti golem

/5/ KELEMAHAN
Kelemahan Fatal
:
Manusia pada umumnya. Kecepatan dan kekebalan fisik tidak jauh beda dari pria kebanyakan. Bahkan, dia bisa dilukai dengan api yang berasal dari luar dirinya.
Kelemahan Lain
:
1. Sering cepat menjustifikasi orang berdasarkan reaksi terhadap sesuatu dan cara bercakap. Usai mendapatkan gambaran awal mengenai lawan, dia akan terus berpatok pada kesimpulannya sendiri. Maka jelas, Sheraga akan kesulitan bukan main bila berhadapan dengan musuh dengan kepribadian abstrak, pandai memasang muka poker, atau pada dasarnya seorang penipu.

2Walau tampak solid dan tegar, diam-diam dia menyimpan anxiety. Sebenarnya Sheraga takut pada banyak hal: kegagalan, penolakan, kematian, masa lalu, atau mengingat dosa-dosanya sendiri.

/6/ LATAR BELAKANG
Semesta Asal
:
Sebuah dunia antah-berantah, di benua bernama Yisreya, tepatnya sebuah negeri masyhur, Batya.
Deskripsi Semesta
:
Latar fisiknya yakni, Yisreya merupakan wilayah yang sebagian besar berupa padang pasir. Tetapi Kerajaan Batya terletak di dekat lautan, beriklim sedang, dan merupakan pusat perdagangan. Gambaran kasarnya, Batya seperti Kekaisaran Ottoman di Istanbul.

Untuk kebudayaan, dunia Sheraga dihasilkan dari persilangan kultur Yahudi, Arab dan Romawi Barat. Adat dan bahasa berupa pseudo-Israil, cara kehidupan masyarakat seperti bangsa Arab pada masa silam, sedang arsitektur menyerupai gaya Romawi pada zaman renaisans. Peradaban sendiri belum terlalu maju, kurang lebih sama dengan Abad Pertengahan di Eropa.
Biografi Singkat
:
Sheraga adalah putra angkat seorang menteri dari Kerajaan Batya    sekaligus kepala klan pengendali api, Natan Asher. Sheraga juga merupakan anggota tim peneliti di Urim Ushnashar, Majelis Penelitian di wilayah itu, sesuatu yang nyaris mustahil digapai untuk orang seusianya.

Karena hal itu, Sheraga cukup terkenal di negerinya. Banyak orang yang mencintainya, namun tidak sedikit yang membencinya dan menganggap apa pun yang diraihnya semata berkat status sebagai putra pejabat.

Betshev Eliezer merupakan satu dari sekian banyak yang ingin posisi Sheraga jatuh sedalam-dalamnya. Suatu ketika dia dan para pendukungnya bekerjasama, sehingga menghasilkan pencapaian luar biasa: sang Alkemis muda terjerat kasus yang tidak pernah diperbuatnya. Tak lama berselang, terjadi pergolakan kekuasaan di negeri Batya, dengan Sheraga menemukan ayahnya sendiri sebagai biang keladi. Ditutup dengan kematian tragis sang tunangan, Aliyah Shefar.

Kontan, rangkaian peristiwa tersebut mendorong Sheraga pamit dari tanah kelahirannya.
MAHAKARYA
:
Sebuah dunia yang ideal tanpa kejahatan dan penderitaan.


/SO1/ SUB-OC 1
Nama Sub-OC
:
Orim Kohan
Deskripsi Fisik
:
Pria ramping berambut sewarna minyak dan matanya senantiasa tertutup karena kebutaan. Meskipun begitu, dia masih mampu bergerak selayaknya orang biasa. Usianya awal tiga puluhan, sedikit lebih tinggi dibanding Sheraga. Menggenakan cassock hitam semata kaki, dengan serban putih di bahu.
Senjata
:
Tongkat kayu sepanjang satu depa—kerasnya serupa tongkat bola kasti
Sifat
:
Lawful neutral. INTJ dengan extroverted feeling ._. Selalu tersenyum, bicara dengan lambat dan pelan, sangat sabar, pengasih, namun di balik semua itu dia orang yang serius dan tidak mudah percaya.

Contoh gaya bicara: "Sheraga, kamu yakin dengan ... tujuanmu? Aku ... mencium aroma bahaya.  Jalan yang kamu tempuh bisa ... tidak mulus."
Korelasi dengan OC
:
Sahabat Sheraga sejak kecil, figur seorang kakak. Dia mendukung impian Sheraga karena memiliki trauma yang sama.
Kemampuan Dasar
:
Merasakan keberadaan sesuatu atau seseorang dengan akurat, serta membedakan kebenaran maupun kepalsuan ucapan.
Batasan
:
Hanya bisa mengetahui letak sesuatu yang menyentuh tanah
Kemampuan 1
:
Menciptakan selubung pemberkatan dengan luas lima meter. Berbekal perlindungan nyaris tak kasatmata tersebut, dia bisa: memberi buff suntikan semangat pada apa, siapa, dan berapapun selama berada dalam jangkauan sihir, mementahkan serangan magis, dan menghilangkan debuff.
Batasan
:
Lama penggunaan selubung pemberkatan hanya lima belas detik, perapalan sepuluh detik, dan interval dua menit.
Kemampuan 2
:
Bicara dengan hewan
Batasan
:
Terbatas untuk mamalia dan unggas saja
Kemampuan 3
:
Berjalan di atas air atau dinding vertikal
Batasan
:
Harus berkonsentrasi penuh
Kemampuan 4
:
Karena Orim mantan okultis yang sesat, dia dapat melakukan ritual pemanggilan iblis dan mengendalikan makhluk-makhluk itu.
Batasan
:
Dipakai pada saat taruhan hidup-mati saja. Sebetulnya, dia malah membenci kemampuannya ini.
Kelemahan
:
Orang buta, sehingga diremehkan dan sering menjadi incaran pertama. Bukan manusia super.

/SO2/ SUB-OC 2
Nama Sub-OC
:
Nadav
Deskripsi Fisik
:
Pemuda 25 tahun, keturunan campuran setinggi lebih dari dua meter. Amat kurus. Berkulit sepucat kapas, terdapat banyak bekas luka di wajah. Mata kirinya bengkak. Lidahnya bercabang, pupil mata biru, dan mendesis ketika bicara. Serupa ular. Rambutnya perak panjang, cepak diikat ekor kuda. Mengenakan zirah sewarna malam dari kulit. Dengan jubah bertudung di bagian luar.
Senjata
:
Seperangkat panah, tiga buah belati, racun yang aktif dengan mantra tertentu (efek tergantung).
Sifat
:
Neutral evil. ISTJ. Minim cakap, agak sarkastis, pencuriga dan akan melakukan apa saja untuk membenarkan prasangkanya, misoginis, namun tidak lupa balas budi dan jika sudah mendapat kepercayaannya dia dapat menjadi rekan yang menguntungkan.

Contoh gaya bicara: "Sh, panahku tampaknya mencintai kepalamu."
Korelasi dengan OC
:
Karena terjebak di Bingkai Mimpi, dia terpaksa membantu Sheraga demi keluar bersama Gal Raivah.
Kemampuan Dasar
:
-Persilangan yang aneh menimbulkan stamina dan kekuatan tubuh abnormal. Berkat ini, Nadav sanggup bertarung dalam jangka panjang, tidak rentan penyakit dan kebal racun, serta sangat tangkas. Malah, tercatat dia pernah membuat sekarat orang lain hanya dengan satu pukulan.

-Darah campuran juga memberkatinya dengan pancaindra yang teramat peka. Termasuk untuk menangkap fenomena gaib.
Batasan
:
Tidak berarti seluruh tubuh sekeras baja. Serangan pada titik vital juga berdampak fatal padanya.
Kemampuan Pasif 
:
Jiwa yang dilindungi. Kemampuan ini senantiasa membuatnya percaya diri dan menghindarkannya dari daya nonfisik yang memengaruhi ketahanan mental. Seperti ilusi, pembacaan pikiran, menggali memori, perasukan, atau sejenisnya.
Batasan
:
Kekukuhan jiwa menurun drastis apabila melihat kejadian buruk tepat di depan mata.
Kemampuan 1
:
Memulihkan kerusakan tubuh sampai ke titik sembuh sempurna.
Batasan
:
Tidak berlaku untuk cacat akibat sihir/menghilangkan pengaruh magi. Tidak dapat digunakan untuk: fraktur parah, kebuntungan, luka bakar melebihi 50%, atau racun yang terlanjur mengendalikan otak. Makin parah, tentunya makin lama waktu yang diperlukan.
Kelemahan
:
-Tidak tahan berada dalam air lama-lama dan tak bisa berenang. Menghindari hujan dan laut.
-Terlalu berpikiran negatif terhadap orang lain seringkali merugikan diri sendiri.
-Satu matanya cacat, jadi rentan diserang dari kiri.
-Temperamental.

/SO3/ SUB-OC 3
Nama Sub-OC
:
Vayehin
Deskripsi Fisik
:
Mengenakan jubah putih. Pada permukaan kulitnya terdapat rajah-rajah emas. Rambut dan matanya pun berwarna keemasan. Tidak ada kejelasan jenis kelamin maupun umur.

Contoh gaya bicara:
"Kami kemari karena suatu tujuan. Sesuatu yang menyangkut dunia kamu sekalian."

(Bicara dengan kata ganti orang pertama menjadi "kami", dan orang kedua menjadi "kamu")
Senjata
:
-
Sifat
:
Lawful neutral. Takkan ada seorang pun yang memahami bagaimana dirinya yang sesungguhnya. Seolah-olah, dia bukan berasal dari kalangan manusia.
Korelasi dengan OC
:
Orang yang ingin melenyapkan Sheraga karena suatu alasan.
Kemampuan Dasar
:
Abstraksi (?)

Dia tidak bisa diserang dengan cara apa pun. Jika ada yang coba melakukannya, dia akan menjadi debu keemasan. Terus begitu jika dia menghendaki.
Batasan
:
Dapat dilukai oleh kekuatan kegelapan setingkat Menteri Neraka ke atas, atau kekuatan spiritual yang meyakini Dia yang Lain.
Kemampuan Pasif
:
Rahasia
Batasan
:
Rahasia
Kemampuan 1
:
Rahasia
Batasan
:
Rahasia
Kemampuan 2
:
Rahasia
Batasan
:
Rahasia
Kemampuan 3
:
Rahasia
Batasan
:
Rahasia
Kelemahan
:
Menghindari: marga Kohan, Malaikat yang Lain, dan iblis tingkat tinggi.

18 komentar:

  1. bahaya! OC saya seorang magic caster 0-0 bisa berabe kalau bertemu Sheraga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahaya kenapa? Sheraga itu lemah aslinya. Banyak celah u/ dieksploitasi~~

      Hapus
    2. iya emang sih Sheraga itu rempong banget buat jurusnya, tapi kalau OC saya bisa dilumphkan oleh Transmutasi, saya bisa matikipe :v

      Hapus
  2. Persentase keberhasilan 50% saja, bisa kurang. Soale sulit kan bikin bangun datar. OC-mu kudu waswas sama yg namanya Shena aja :D

    BalasHapus
  3. Ohiya: julukan sang Alkemis itu sifatnya figuratif aja. Bahkan sebetulnya dia lebih kayak fire mage ketimbang alchemist. Jadi lebih terfokus sama jurus apinya ketimbang "transmutasi" yang bahkan bukan transmutasi sama sekali~

    BalasHapus
  4. oh dia tipe Mage toh... kukira betul2 bisa kayak Edward Elric gitu :'v dan soal si Shena... terimaksih atas sarannya mbak '-')7

    BalasHapus
    Balasan
    1. Edward Elric mah terlalu hebat "alkimia"-nya. Manusia aja bisa ditransmutasi~

      Yep, sama-sama~

      Hapus
  5. LGBT. Lelaki Ganteng Belah Tengah
    *meleleh dengan indah*

    Makasih buat inspirasinya, tampan~

    BalasHapus
  6. Poin kelemahan ada yang salah ketik. Mestinya "dengan maksimal enam sudut lancip", bukan minimal :'(

    BalasHapus
  7. Kemampuannya tetep rapi dan mendetail disamping salah ketik.

    Tatapan di ilustrasinya menantang, sama halnya gaya bicaranya.

    BalasHapus
  8. Kemampuannya tetep rapi dan mendetail disamping salah ketik.

    Tatapan di ilustrasinya menantang, sama halnya gaya bicaranya.

    BalasHapus
  9. Itu, tbh, malah gambar Ahran sebenernya. Karena kepepet ya dipakai aja. Harusnya sih dia orang yg (agak) ceria di luar, tp rebel di dalam xD

    BalasHapus
  10. kelemahan 2 sama 3 nya kok mirip sama sifat saya ya.... haha

    BalasHapus
  11. Hmm ... oiya, cara baca namanya gini ya: [ʃeɪra:ga aʃr]

    Lupa nambain, duh ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah diedit juga ._. Plus tambahan ilustrasi Shena

      Hapus
  12. Wah, kan deskripsinya belum diganti kk ._.

    BalasHapus

Selamat mengapresiasi~

Tuliskan komentar berupa kesan-kesan, kritik, ataupun saran untuk entri ini. Jangan lupa berikan nilai 1 s.d. 10 sesuai dengan bagus tidaknya entri ini berdasarkan ulasan kalian. Nilai harus bulat, tidak boleh angka desimal. Perlu diingat, ulasan kalian harus menunjukkan kalau kalian benar-benar membaca entri tersebut, bukan sekadar asal komen. Admin berhak menganulir jika merasa komentar kalian menyalahi aturan.

PENTING: Saling mengkritik sangat dianjurkan tapi harus dengan itikad baik. Bukan untuk menjatuhkan peserta lain.