Selasa, 12 April 2016

[KATALOG KARAKTER] 023 - SONG SANG SING | PRIA PENGHIBUR HATI (update)

Ilustrasi Song oleh HINATA UMMI

/1/ DATA KARAKTER
Nama Lengkap
:
Song Sang Sing
Panggilan/Julukan
:
Song Si Penghibur Hati
Profesi/Tipe Petarung
:
Pria Penghibur (penyanyi di Cafe) dan Pembuat Ikan Asin/
Jarak dekat (dia cuma punya pisau, apalagi?)
Jenis Kelamin
:
Pria tulen
Usia
:
25 tahun
Ras/Suku
:
Manusia/-
Agama
:
Humanis (kayaknya kalau udah nemu si Hijab Putih bakal masuk Islam, deh ._.)

/2/ KARAKTERISASI
Kecenderungan Etika
:
Lawful
Kecenderungan Moral
:
Netral
Tipe Umum
:
Lawful Netral (Judge)
Sifat yang Menonjol
:
Romantis, pendiam namun akan berbicara jika terdapat sesuatu yang tidak pada tempatnya. Tepat waktu, selalu bekerja keras. Dapat diandalkan namun tidak mau menjadi kacung alias pesuruh. Dia akan mengerjakan kewajibannya dengan baik (cenderung lebih baik dari yang seharusnya) namun tidak dengan tugas orang lain.

Hal yang Disukai
:
Wanita(terutama yang berhijab putih), tentu saja. Orang yang lebih keren dari dirinya. Minimal sederajat lah ya (>.<) Dia sangat suka buku dan sangat suka dengan musik (terutama Jazz)

Hal yang Dibenci
:
Makanan yang terlalu pahit (kecuali cokelat, bitter is better), makanan asin. Cewek jelek, (iya, Song ini judgemental banget). Cewek tidak berjilbab. Tidak akan terlihat langsung dari reaksinya. Namun ia biasanya enggan untuk berinteraksi dengan cewek yang tidak berhijab. Makanan tidak sehat. Sesuatu yang tidak pada tempatnya.

Contoh Gaya Bicara
:
"Aku adalah pemimpi yang hidup di dunia orang yang terbangun."
"Kalian tidak tahu apa-apa tentangku."

"Aku bukannya tidak mengerti, hanya tidak tahu. Itu hal yang berbeda."

"Kalian kira kalian pintar, huh?"

"Wae?"

"Anjinglah!"

"Kau … ah sudahlah, kau bukan tipeku."

"Oooh… Inang, kau tahu kemana wanita berjilbab barusan pergi?"

"Butet, apakah kau bisa menolongku untuk mengambilkan handuk?"

"gwenchana~","Bah?", "macam mana pula~", "Nega???", "Kundae …" dan " Wae?"  merupakan catch phrase yang sering diucapkan oleh Song.

"neon Pabo-ya!!"

"alah mak jang!!!" 
--------------------------

Author note:
Gwencahana = aku baik-baik saja.
Bah = ekspresi kekagetan yang sering muncul dari orang batak
Nega = aku
Kundae = tapi
Eomma = mama
Wae = kenapa
Pabo = bodoh
Neon = kau

/3/ PENAMPILAN
Tinggi
:
187 sentimeter
Berat
:
70 kg
Deskripsi Fisik
:
Kepala
  • Song memiliki rambut cepak
  • Memakai anting hitam bulat mirip magnet di telinga kanan dan kirinya
  • Memiliki mata super sipit dengan iris berwarna biru tua
  • Memiliki wajah yang sangat mudah tersenyum tapi         tidak tembem. Rahangnya terbentuk indah di bagian bawah wajahnya yang oval.
  • Wajah Song memiliki hidung pesek dan kulit kuning langsat yang kontras dengan bibirnya yang merah alami.
  • Suka memakai topi yang diputar ke belakang untuk menutupi rambut cepaknya.
  • Jakunnya terbentuk dengan jelas di lehernya yang jenjang

:
Badan
Song selalu memakai kaos kebesaran berkerah. Lengannya berisi. Dengan kulit kuning langsat bersih dan otot terawat (dia selalu work out dengan tubuhnya). Kukunya terpotong rapih. Kakinya mulus, namun selalu ditutupi dengan celana jins biru dan sepatu kets.

Di lengan kirinya selalu terpasang jam tangan merk Swiss Army. Jam tang pemberian ayahnya sebelum menghilang ditelan bumi. Song juga memakai kalung kain dengan cincin putih yang menggantung di lehernya.

Seorang Wanita Berhijab Putih memberikan cincin itu padanya. Ia sampai sekarang masih tidak mengetahui siapa wanita itu. Namun wanita itu berpesan agar ia menyimpan cincin itu. Jadi, benda itu sangat berharga buatnya. Tolong jangan diambil yah ;)

Aksesoris Khas
:
Jam Swiss Army di tangan kiri, Anting di telinga kanan dan kiri,  dan kalung berbandul cincin putih yang menggantung di lehernya.

Senjata
:
Song menyimpan senjata di jam tangannya berupa jarum beracun bisa ular berukuran 3 cm yang berisi 10 jarum.

Terdapat pisau dapur berukuran 20 cm yang selalu dia bawa di balik baju kaosnya. Pisau itu merupakan pisau yang sering ia bawa saat bekerja sebagai pembuat ikan asin.


/4/ KEMAMPUAN
Kemampuan Dasar
:
Song sangat pintar menyanyikan lagu. Ia dapat menyanyikan lagu apapun dengan sekali dengar. Suaranya sangat bagus dan merdu. Karena itu, hampir semua lagu yang dapat ia nyanyikan. Bernyanyi dan mendengarkan musik, dalam kondisi apapun Song selalu dapat mendengarkan musik. Baik itu musiknya maupun musik orang lain. Song menandai orang lain dengan musik. 

batasan
:
Hanya dapat didengar dalam radius 10 meter dengan intensitas suara normal. Juga hanya dapat dilakukan saat pita suara Song baik. Dia akan sangat sedih jika kehilangan pita suara. Karena lagu adalah salah satu teman terbaiknya.

Kemampuan 1
:
[Memoria]sentuhan dari Song dapat membongkar ingatan seseorang. Song akan mengetahui lagu apa yang paling berpengaruh untuk orang tersebut di masa lalu. Ketika Song menyanyikan lagu tersebut, Song dan orang tersebut akan berpindah ke masa lalu (atau lebih tepatnya alam pikiran orang tersebut) dalam bentuk ilusi. Mereka di sana seperti hantu sampai Song berhenti bernyanyi.

batasan
:
[Memoria] 
hanya dapat bertahan sampai subyek yang menjadi korban Song menyadari bahwa itu hanya ilusi.

Selain itu, kemampuan ini sifatnya menyembuhkan. Jadi [Memoria] akan sangat sulit muncul jika Song ingin menghancurkan orang lain. Ia akan mengetahui lagu kenangan orang tersebut namun kesulitan untuk menyenandungkannya.

Kemampuan 2
:
[Screamo] :
Song berteriak kencang dengan nada tak beraturan. Orang yang mendengarnya akan merasakan rasa sakit yang sangat di telinganya. Song mampu mengendalikan intensitas suara yang dikeluarkannya tanpa merusak gendang telingannya sendiri. Sebagai catatan, berikut adalah efek per desibel pada gendang telinga manusia :
1.    30 DB: suara lemah berbisik.
2.    85 DB: batas aman, lebih baik menggunakan pelindung telinga.
3.    90 DB: merusak pendengaran dalam waktu 8 jam. 
Contohnya, pemotong rumput, suara truk di kemacetan.
4.    100 DB: merusak pendengaran dalam waktu  2 jam. 
Contohnya, gergaji mesin, mendengarkan suara lewat headphone.
5.    105 DB: merusak pendengaran dalam waktu 1 jam. 
Contohnya, Suara helicopter, mesin pemecah batu.
6.    115 DB: merusak pendengaran dalam waktu 15 menit. 
Misalnya, tangisan bayi, riuh di stadion sepakbola.
7.    120 DB: merusak pendengaran dalam waktu 7,5 menit. 
Misalnya, konser rock.
8.    125 DB: ambang rasa nyeri. Misalnya mercon dan sirene.
9.    140 DB: membahayakan pendengaran dalam waktu singkat. 
batasan
:
Walaupun tidak merusak gendang telinganya, [Screamo] dapat merusak pita suara Song. Teriakan lebih dari 100 desibel dalam waktu 2 jam dapat membuat Song kehilangan suaranya untuk 10 jam. Di saat seperti ini suara Song akan mencicit seperti mencit. Teriakan lebih dari 120 desibel lebih dari 10 menit akan menghilangkan suara Song selama 20 jam. Teriakan 140 desibel akan merusak pita suara Song secara permanen.

(Mengingat Song sangat mencintai suaranya, Song akan sangat jarang menggunakannya. Perkiraan waktu penyembuhan hanya akan sesuai dengan catatan ini jika disertai dengan istirahat dan minum yang banyak.)

Kemampuan 3
:
[Serenade] :
Song melihat wajah seseorang. Otaknya akan memutar seluruh lagu di dalam arsip ke-lagu-an di dalam pikiran orang tersebut. Lagu ini akan sesuai dengan kebutuhan dari orang yang sedang dilihat oleh Song. Lagu ini akan membantu Song untuk melembutkan hati pendengarnya (dalam hal ini, pendengar adalah orang yang dilihat oleh Song) juga mampu mengurangi tingkat stress, baik dirinya maupun subyek yang mendengarnya.

Misalnya ada seseorang yang baru saja ditinggalkan kekasihnya, lalu kebetulan Song berada di sebelah orang tersebut. Jika, orang tersebut merupakan orang Indonesia yang senang mendengar lagu dangdut, maka Song akan menyanyikan lagu dangdut dan mereka akan bernyanyi bersama seperti teman lama.

batasan
:
[Serenade] hanya terbatas 2 lagu per-orang dan maksimal 3 orang yang dilembutkan hatinya oleh Song.

Kemampuan 4
:
[Supadio] :
Pendengaran Song yang dapat diaktifkan untuk mendengar jarak jauh (maksimal radius 40 meter).

cara mengaktifkannya hanya dengan cara menyentuh salah satu sisi antingnya.

batasan
:
Atas dasar kesukaannya menyanyikan lagu-lagu random, dan tentu saja mendengarkannya menggunakan headset yang sekarang dia buang jauh-jauh dari hidupnya, Song memiliki keterbatasan pendengaran. Anting di telinga kanannya membantu pendengarannya bekerja. Sehingga Song tidak mampu mendengar dalam jarak jauh (bahkan cenderung tuli) jika anting terlepas dari    telinganya.

ARSAMAGNA
:
-belum punya-
batasan
:
-
~DOMBA~
:
Mbing,
Kata Song, dia kambing. Sudah berkali-kali Huban protes tentang nama panggilang Mbing yang bukan kambing, tapi Song tak peduli.

Kemampuannya ada dua:
-      Dia bisa bernyanyi dengan riang gembira, juga gundah gulana. Suara Mbing mampu menenangkan hati siapapun yang mendengarnya. Dia tertular oleh Song yang setiap malam latihan [Serenade] di kamarnya. Kadang, Mbing suka bersenandung sendiri tanpa ia sadari dan menggeleng-geleng setelahnya.
-      Dia bisa melebarkan dan mengempukkan bulunya untuk menjadi tempat istirahat untuk Song ataupun tamunya Song (seperti saat Steiner sakit)
-      Dia bisa terbang

/5/ KELEMAHAN
Kelemahan Fatal
:
Song adalah manusia. Tidak ada setengah-setengah lagi! Setidaknya, tidak kali ini. Penulis kehabisan ide.

(~._.)~ (ini cukup jelas kan?)

Kelemahan Lain
:
Rasa penasaran Song pada Wanita Berhijab, membuatnya sering sekali tidak fokus jika lawannya adalah wanita yang berhijab. Ia seringkali mengira wanita berhijab yang ia temui adalah Wanita Berhijab yang memberikannya cincin putih.


/6/ LATAR BELAKANG
Semesta Asal
:
Indonesia, Bumi
Deskripsi Semesta
:
Sebenarnya, Song berasal dari Korea. Namun, demi mencari si Hijab Putih, ia hijrah ke sebuah kota di Indonesia. Sebuah kota asri nan jaya dengan penduduk mayoritas bersuku Batak. Ia tinggal di Barus, Sibolga (sekarang nama desanya adalah Andam Dewi). Tempat asal dari kapur barus yang digunakan untuk memumikan Fira'un.

Kebanyakan penduduknya berbahasa Batak. Namun, alasan Song memilih Barus sebagai kota tinggal bukanlah suku, semua itu dikarenakan keberadaan wanita berhijab yang cukup banyak di sana.

Suasana pelabuhan juga sangat kental di Kota ini. Maklum, pada masanya dulu, Barus merupakan kota yang terkenal dengan pelabuhannya yang kaya dengan ikan asin dan teri.

Biografi Singkat
:
Song awalnya tinggal di Korea sebagai Mahasiswa dari sekolah Art di bidang seni suara. Ia tadinya sudah menentukan jalan hidupnya akan menjadi penyanyi Jazz.

Namun, hidupnya berubah setelah ia bermimpi mengenai Gadis Berhijab Putih dan menemukan Cincin Putih terkalung di lehernya saat bangun, ia menjadi sangat terobsesi untuk menemukan Gadis Berhijab Putih tersebut. Obsesi itu berubah menjadi cinta tanpa syarat di hati Song yang membuatnya menguatkan hati untuk mencari Gadis itu. Ia memutuskan meninggalkan Korea dan pindah ke sebuah kota kecil di Sumatera Utara.

Keputusan itu tidak ditentang oleh eomma. Dengan menguatkan hati Song meninggalkan eomma sendiri di Korea dan memilih Barus sebagai tempat persinggahannya.

Selama di tempat itu, ia bekerja menjadi pembuat ikan asin di siang hari. Ia menjual ikan buatannya di pasar Barus. Malam harinya ia menjadi penyanyi di sebuah Café di kota Sibolga. Baik turis waupun warga lokal yang kebetulan mendengar suaranya selalu merasa bahagia. Hingga iapun menjadi terkenal sebagai Pria Penghibur Hati.

Setahun setelah meninggalkan Korea, eomma meninggal sendirian. Membuatnya mulai meragukan keputusannya mencari si Hijab Putih yang malah memperkuat obsesinya untuk menemukan gadis itu. Apapun harga yang harus ia bayar. 

-----------------------Updated ---------------------------------------------

Song sudah setengah mengingat kisahnya dengan Si Hijab Putih.  Juga sebagian cerita saat ia tinggal di Indonesia. Silahkan baca R1 untuk informasi lebih lengkap.

MAHAKARYA
:
Menemukan Gadis Berhijab yang memberikan Cincin Putih itu kepadanya


/S1/ SUB OC 1
Nama Summon
:
Hael Steiner
Deskripsi Fisik
:
175/60kg.
Mengenakan kemeja putih celana jins belel panjang dengan sepatu kets (hasil pinjaman dari Song karena sepatu dan celana aslinya sudah robek dan tak layak pakai). Rambutnya disisir seluruhnya ke belakang dan diberi polesan minyak zaitun pemberian Opung Hariba. Umurnya tampak seperti 20 tahun.
Sifat
:
True Neutral. Iseng dan suka ngerjain Opung Bertha dan Hariba. Mampu membuat tertawa semua orang di dalam rumah. Ceria dan tidak banyak tingkah. Perhatian dan membuat keberadaannya sungguh dibutuhkan oleh orang-orang.
Aturan Pemanggilan
:
Panggil dia tiga kali, dan dia akan datang. (itu sih katanya saja ._.)


Kemampuan 1
:
[Komik Strip]

Mengubah sebuah kejadian atau apapun yang dia lihat menjadi tumpukan kertas bergambar. Misalnya ia melihat Song berantem, ia menggambar lawannya, lalu lawan Song akan terperangkap di dalam gambarnya. Tidak dapat berbuat apa-apa.  
batasan
:
Kemampuan ini hanya dapat dilakukan selama objek yang digambar oleh Steiner berada dalam penglihatannya.

Menggambar butuh waktu coooy! Lo kira ngegambar itu gampang? ENGGAK! Selama proses menggambar belum selesai, Steiner tidak bisa diganggu. Untuk menggambar satu objek manusia yag bergerak, Steiner butuh waktu 30 menit.
30 menit itu cukup untuk ngebunuh Steiner!
Kemampuan 2
:
[Bom Tinta]
Iya, Steiner masih mampu banget bikin Bom Tinta. Tapi ya itu, itu Bom bahaya banget. Sekali lempar langsung meledak. Karena itu, Bom Tinta slealu disimpan di dalam koper ajaib.


batasan
:
Bom Tintanya mudah banget meledak. Terjatuh meledak. Disenggol meledak. Setelah keluar dari Koper Ajaib, Bom Tinta sangat lemah.

Daya ledaknya tidak mematikan. Hanya membuat cedera ringan. Apa yang dapat kamu harapkan dari sebotol tinta?

Tapi, jangan sampai terminum ya ;)
Kemampuan 3
:
[Koper Ajaib]
Koper Ajaib diperbaiki oleh Song dan dimodifikasi untuk menyimpan 20 butir Bom Tinta seukuran jempol. Dengan daya ledak radius 10 meter.

Koper Ajaib sendiri kemampuannya masih sama. Tidak dapat ditembak atau ditebas pakai pedang. Kopor ini dipakai juga untuk menyimpan lembaran-lembaran kosong untuk menggambar.
batasan
:
Bisa hilang  ._.
Kelemahan
:
Steiner adalah manusia biasa. Dia bisa mati kapan saja dimana saja.


2 komentar:

Selamat mengapresiasi~

Tuliskan komentar berupa kesan-kesan, kritik, ataupun saran untuk entri ini. Jangan lupa berikan nilai 1 s.d. 10 sesuai dengan bagus tidaknya entri ini berdasarkan ulasan kalian. Nilai harus bulat, tidak boleh angka desimal. Perlu diingat, ulasan kalian harus menunjukkan kalau kalian benar-benar membaca entri tersebut, bukan sekadar asal komen. Admin berhak menganulir jika merasa komentar kalian menyalahi aturan.

PENTING: Saling mengkritik sangat dianjurkan tapi harus dengan itikad baik. Bukan untuk menjatuhkan peserta lain.