Sabtu, 28 Mei 2016

[TIPS MENULIS] 01 - PRELIM | BINGKAI MIMPI

~TIPS MENYELESAIKAN PRELIM~
oleh : hewan

--

Bagi yang kesulitan dalam menyelesaikan entri prelim, admin menyediakan sejumlah tips yang mungkin bisa membantu kalian:

1. PROMOSIKANLAH OC KALIAN
Prelim ini dimaksudkan sebagai ajang untuk mempublikasikan OC kalian. Jadi manfaatkanlah kesempatan ini untuk mengeksploitasi segala keunikan yang ada pada OC kalian. Baik itu cara dia bertarung, bagaimana gaya dia berbicara, atau seperti apa motivasinya dalam menjalani hidup, tuangkan semua itu dalam prelim ini. Jikapun OC kalian membawa rombongan sub-OC, ingatlah selalu untuk tetap memberikan spotlight kepada OC kalian, jangan sampai sub-OC menjadi terlalu dominan.

2. ATURLAH LAWAN YANG OPTIMAL UNTUK OC KALIAN
Kalian diberi kebebasan untuk memunculkan lawan apapun yang berasal dari semesta OC kalian. Maka dari itu, pilihlah yang terbaik. Terbaik di sini bisa berarti lawan itu memang sangatlah kuat sehingga OC kalian perlu mati-matian untuk melawannya, atau bisa juga berarti lawan itu mampu membuat OC kalian begitu emosional sehingga karakternya tergali.

3. INGATLAH BATASAN DAN ATURAN MAIN DI PRELIM INI
Ingat, berada di Bingkai Mimpi membuat OC kalian kehilangan inspirasi (atas alasan tertentu) secara perlahan atau secara cepat. Dengan demikian, kemampuan khusus yang dimiliki OC kalian (mengecualikan kemampuan dasar dan pasif) akan tidak bisa digunakan. OC kalian masih tahu kalau mereka bisa menggunakan suatu jurus, hanya saja mereka lupa bagaimana cara melakukannya.

Kedua, keunikan Bingkai Mimpi membuat settingan tempat menjadi sangat fleksibel. Apapun yang ada di semesta OC kalian bisa dikumpulkan dalam satu lokasi. Jadi manfaatkan juga ini kalau kalian bisa.

4. INGATLAH JUGA TANTANGAN ALIGNMENT
Jangan lupa kalau OC kalian juga harus menyelesaikan tantangan alignment. Jadikan ini sebagai plot device untuk skenario pertarungan OC kalian di babak prelim ini. Jangan sekadar menjadikan penyelesaian tantangan ini sebagai sambil lalu. Buatlah penyelesaian tantangan ini menjadi berkesan ke pembaca. Dengan demikian berarti kalian sebagai author sudah memahami karakterisasi dari OC kalian.

5. MANFAATKAN WAKTU TERSISA
Tiap peserta BoR tentu memiliki kesibukan masing-masing. Ada yang masih sekolah, kuliah, atau malah sudah bekerja. Akhir pekan mungkin jadi saat paling optimal untuk "kerja rodi" mengebut entri prelim. Namun bisa juga kalian mencicil tulisan, misal melalui google doc sehingga bisa dikerjakan saat dalam perjalanan. Misal, pemenang BoR tahun lalu (dan juga finalis tahun sebelumnya) menggunakan trik ini untuk mencicil tulisan menggunakan smartphone. Jadi, manfaatkan waktu adalah kunci dari segalanya.

6. TIPS UMUM : JANGAN ABAIKAN TATA BAHASA
Peserta BoR lumayan beragam. Ada yang sudah cukup ahli dengan tetek bengek aturan tata bahasa, ada juga yang masih berantakan soal ini. Namun ini semua bukan alasan untuk tidak belajar. Baca-bacalah entri yang sudah bagus dari segi tata bahasa sebagai referensi, banyak juga membaca kembali Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, teruslah perbaiki hal ini.

7. HAVE FUN
Bersenang-senanglah dan bereksperimen~~

3 komentar:

  1. Tentunya masih boleh dong pake bahasa santai? Soalnya karakter saya masih remaja, serasa ngga pas aja kalo omongannya bak seorang bangsawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak masalah dengan itu. Kesalahan tata bahasa yang umum terjadi misalnya dengan tidak teliti menggunakan titik, koma, huruf kapital, dan persoalan sejenis. Untuk bahasa tidak baku, saya rasa ditempatkan di dialog tak akan ada yang protes. Bahkan entran tahun lalu ada yang menggunakan bahasa Betawi tidak baku di narasi sepanjang cerita.

      Pada akhirnya, seluruh pembaca yang akan menilai sendiri :D

      Hapus
  2. Aku buruk bnget di formatting dan typing..
    Hundreds typo every day
    Tapi seenggaknya aku tau, ngetik di hp emang sulit siih..

    Yang parah adalah ketika aku menggunakan alur terlalu cepat dan menggunakan bahasa padat sambil kadang monoton..
    Fortunately, this BOR event memfasilati banget buat evaluate dan increase juga learn dri master lainnya..

    BalasHapus

Selamat mengapresiasi~

Tuliskan komentar berupa kesan-kesan, kritik, ataupun saran untuk entri ini. Jangan lupa berikan nilai 1 s.d. 10 sesuai dengan bagus tidaknya entri ini berdasarkan ulasan kalian. Nilai harus bulat, tidak boleh angka desimal. Perlu diingat, ulasan kalian harus menunjukkan kalau kalian benar-benar membaca entri tersebut, bukan sekadar asal komen. Admin berhak menganulir jika merasa komentar kalian menyalahi aturan.

PENTING: Saling mengkritik sangat dianjurkan tapi harus dengan itikad baik. Bukan untuk menjatuhkan peserta lain.