Selasa, 14 Juni 2016

[PRELIM] 66 - HARUM KARTINI | PEREMPUAN JUGA BOLEH NGIMPI, BANG ...


oleh : Mustafa Hadji

--

“Pergilah, laksanakan cita-citamu. Bekerjalah untuk hari depan. Bekerjalah untuk kebahagiaan beribu-ribu orang yang tertindas. Dibawah hukum yang tidak adil dan paham-paham palsu tentang mana yang baik dan mana yang jahat. Pergi! Pergilah! Berjuang dan menderitalah, tetapi bekerja untuk kepentingan yang abadi”.

(Surat R.A. Kartini buat Nyonya Abendon, 4 September 1901)


SURAT 1
KARTINI MILENIA BARU

Kata orang sih dia ini nih murid teladan, Bang. Senengannya baca- bacaan buku di perpus sekolahan,,terus hobi nulis sesuratan juga,,sama kadang- kadang orang ngeliat dia nongkrong sama anak-anak ekskul seni rupa gitu, barengan ngelukis sama mereka.

Kata orang nih,,rengking dia masuk 3 gede terus di kelas, Bang. Keliatan deh dari kacamatanye, tipe-tipe cewek pinter gitu. Barangkali nih ye kalo cowok disenyumin dikit aje langsung pada klepek-klepek. wallahu a’lam.

Harum Kartini nama dia, Bang. Anaknye almarhum Babeh Sabeni, pemusik gambang kromong yang sekarang nih udah kegeser sama musik-musik moderenan. Temen-temen si babeh sesama pemusik juga udah pada punah,,alias mokat, dikubur di belakang pohon beringin,,kagak mampu ngebayar pemakaman umum.

Dari si babeh ini nih, Harum belajar yang namanya ilmu kanuragan,,alias bela diri. Aliran Tapak Harum gitu, cocok bet sama nama si Harum. Tapi yang kagak disangka-sangka itu tuh,,berbekal silat ini si Harum malah jadi boss preman di sekolahannye. Bukan kemauan Harum awalnye, Bang. Emang takdirnye aje kayak begono.

Terus takdir ini deh yang nantinye ngebawa si Harum buat berantem dan terus berantem,,demi mimpi, karena udah minjem nama besar seorang Kartini jadi mau kagak mau mesti ada yang diperjuangin.

Harum Kartini binti Sabeni. Dia anak cewek dari SMA Swasta Wangi Pertiwi,,dia bakalan punya mimpi besar.


SURAT 2
KARTINI PUNYA PUJAAN HATI JUGA

Tapi kita cerita selingan dikit deh. Yang kagak ditau orang-orang, Bang,,nih Harum lagi demen-demennya tuh sama cowok kece dari kelas sebelah. Namanye Robert kayak orang bule,,tapi mukanye sih aseli tongkrongan kampung melayu. Rambutnye rada necis gitu pakek Brisk,,senyumannye kayak Aliyando serigala. memukau,,menerkam. Bahkan nih Bang,, Harum juga kepincut sama ni cowok.

Pagi itu belom ada orang di kelas sebelah,,Harum nyelinep buat naroh sesuatu di kolong meja Robert. Diamplopin gitu,kayaknye sih udah pasti surat cinta. Beres naroh disitu,,Harum langsung ngilang sebelom ketauan sama yang punya kelas.

Murid- murid pada dateng,,Harum nyempil di pinggir pintu ngelirik kelas sebelah. Si Robert rupanye langsung nyadar ada amplop dibuka deh sama dia. Isinya pendek dibaca aja sama si Robert:

“Yayang Robert … I lap yu.”

Udah gitu aja isi suratnya, Bang. Kagak ada nama pengirimnye. Gerogi si Harum pas nulis itu,,kagak sempet ngerangkai kata biar kayak pujangga gitu,,nulis nama aja kelupaan. Ngeliat tulisan begitu, si Robert bengong aje. semenit,,dua menit. Terus akhirnye dia ngelipet surat cinta itu,,dijadiin pesawat kretas. Langsung diterbangin deh ke luar jendela kelas.

Harum Kartini patah hati..

Dia balik jadi pengagum rahasia aja, mendingan.

SURAT 3
LUKISANNYE BAGUS, KALO DIBILANG BAGUS YA PASTI BAGUS!

Ada dua kroco nih, namanye Komar dan Komir. Kagak kembar sih,,beda bapak laen ibu,,tapi punya nama mirip jadi suka dipasangin terus. Sifat sama gaya ngomongnya juga mirip. Boleh dibilang, Komar sama Komir ini ngaku-ngaku jadi anak buah Harum yang paling senior. Kebiasaan mereka suka jadi satelit, ngider-ngider di sekitaran Harum,,kalo nggak gerecokin ya sok-sok jadi bodigar gitu sama merintah-merintah anak buah laennya.

Tapi hari itu mereka lagi sial, Bang. Kebetulan Harum lagi ngelukis sendirian di ruang ekskul seni yang kosong- melompong,,anggotanye pada pergi lomba lukis ke Senayan, ade acara peringatan Hari R.A. Kartini. Entah kenape nih,,si Harum nggak diajak ikutan lomba.

Ngerasa ada yang nongol, Harum manggil deh sembari nanya,“Mar, Mir, situ bedua tau kagak kalo Raden Ajeng Kartini itu dulunye jago ngelukis?”

Si komar sama si Komir bengong,,terus geleng kepala ke kanan ke kiri dua kali kayak pemanasan senam.

“Kagak, Boss. Aye baru denger,, Beneran tuh?” Sahut Komar.

“Emangnye Raden Ajeng Kartini ngelukis apaan Boss Harum?” Komir ngikut nyahutin.

“Kalo dari buku yang aye sempet baca sih ye, beliau ngelukis pemandangan alam gitu deh. Diajarin sama guru menir kumpeni kayaknye sih,,” Jelas si Harum. Terus dia langsung mamerin lukisan yang dibuatnya sedari tadi deh. “Nih, aye kasih liat deh, lukisan tiruan yang aye bikin sendiri berdasar dari karyanye Raden Ajeng Kartini yang judulnye PEMANDANGAN DI KOLAM!”


Langsung deh tuh dua kroco Komar-Komir melongo.

“Bagus kagak?” kata Harum pede banget sambil nyengir lebar gitu,,malah bikin ngeri si Komar sama si Komir.

“Eh bujug, Mir,,,gimane kite mesti ngejawabnye nih?? Lukisan kayak gambar anak teka begonoh!” si Komar bisik-bisik ke temennya.

Pernah dulu waktu setaun yang lalu, si Komar masih belagu-belagunye. Ngegangguin cewek-cewek dari kelas laen,,terus malangnye si Harum juga kena ganggu sampe roknye diangkat gitu. Abis itu,,Komar mesti nahan sakit di biji selama 2 hari 2 malem,barangnye ditonjok kenceng banget sama Harum. Gosipnye dia sampe di opnam.

“Lah,,jangan tanya gue.. Bilang aje lukisannye atristik gitu deh.” Bales si Komir.

Komir juga punya pengalaman senasip. Pas dia malakin anak-anak kelasnye si Harum,,kena tempeleng deh Komir,,bikin die nggak bisa nengok ke depan selama seminggu. Lehernye madep kiri aje tuh selama segitu,,udah kayak gambar orang di tembok piramit.

“O..okedeh,,Mir,gue ngikut ape saran lu.”

Terus mereka bedua kompak deh bilang begini “ATRISTIK BANGET, BOSS!” sembari ngacungin empat jempol gitu.

Harum makin nyengir,,puas banget die lukisannye “dipuji”. Komar sama Kamir selamet deh dari marabahaya, buat sekarang. Pokoknye begitu deh si Harum Kartini,,kayaknya keinspirasi banget sama sosok Raden Ajeng Kartini. Kalo si ibu itu jago ngelukis,,kabarnye, terus Harum jadi kepengen bisa ngelukis juga deh. Bulan depan bahkan dia rencananya mau magang di toko purnitur Bang Mamat,,belajar ngukir-ngukir kayu gitu maunye.

“Oh iye boss,,kita dateng kemari nih buat ngasih kabar.” si Komir ngomong.

“Soal pemerkaos itu,,boss. Kita dapet inpo!” ditambahin sama si Komar.

Saat itu juga deh ekpresi Harum berubah jadi garang.

SURAT 4
MISI JADI MENYAMAR

Beritanye lagi santer belakangan ini, Bang. Dunia udah kayak mau kiamat,,banyak orang bejat kagak lagi bisa nahan napsunye. Sampe anak-anaklah diperkaos,,kayak setan aje kelakuannya. Dan parahnye nih, Bang,,itu sala satu korbannye adalah murid dari sekolahannya si Harum, SMA Swasta Wangi Pertiwi. Murka banget deh si Harum jadinye. Mau dibilang gimane juga,,ini wilayah kekuasannye. Setahun ini sekolahan udah lumayan damai,,kagak sering tawuran sama sekolahan sebelah,,soalnye mereka juga udah takluk sama Harum. Tapi kasus kayak gini ngerubah semuanye.

“Gini Boss,,si korban bilang kalo dia dicegat di gang Tongkang deket stasiun Senen,,pas malem abis pulang dari ngeles bimbel. Trus si pemerkaos ada dua orang gitu,pakek topeng maling semua kagak keliatan deh mukanya. Lagian emang gelap itu gang.” Komar nerangin panjang-lebarr.

“Baru aje tadi pagi si korban mau cerita,Boss. Padahal selame ini kan yak dia kagak mau cerita ape-ape. Traoma gitu.” Komir nyambung lagi.

Terus dimulai deh rencana Harum. Malem itu sengaja dia jalan kaki sendirian di tempat yang tadi diceritain Komar-Komir. Dari tampangnye sih udah ngedukung banget, Bang. Kayak cewek cupu gitu,,kacamataan, bawa buku tebel,,tapi cakep. Sempet tadi Harum kesel pas Komar-Kamir nyaranin buat pakek rok yang rada minian dikit gitu. Tapi Komar-Kamir sukses ngebujuk pakek kata “Demi menangkap penjahat, Boss”

Malem itu gelap kayak biasanye,,kagak ada terang bulan,terus lampu jalanan pada nggak nyala,,rumah di gang juga kebanyakan kosong, udah kagak ada yang punya. Angin niup pelan tapi bikin semuanye jadi dingin,,Jakarta juga bisa dingin, Bang. Apalagi kalo anginnye masuk ke bawah rok mini Harum,,merinding deh dia.

“Mane nih penjahatnye? Kok belon dateng? Apa aye kurang seksi, ye??”

Harum udah bolak-balik gang itu sepuluh kali kayak setrikaan. Masih kagak ada tanda-tanda dia bakalan disergap.

“Helo, ayo dong nongol! Perkosa aye sini kalo berani!”

Terus ada suara gitu,,genteng jatoh. Jantung Harum hampir copot lantaran kaget,,terus pas dia nengok ternyata cuman kucing. Kucingnya juga cuman lewat gitu aje di samping Harum.

“Kucing bandel, bikin kaget aje!”

Tau-tau udah tengah malem,,cepet banget datengnye. Harum mutusin buat pulang aja. Misi penyamaran gagal. Emang ternyata kagak bisa semulus di pilem-pilem,,buat mancing penjahat doang.

SURAT 5
NGIMPI ANEH

Kezel lantaran kagak sukses ngejaring penjahat,,Harum cuman bisa tidur aje di kamarnye. Kamar yang penuh gitu sama buku-buku,kebanyakan lemari buku isinye biografi pahlawan,, sama sisanye buku komik Kunimisu,,keren gitu komiknye tentang politik. Terus kayak yang bisa ditebak, ada poster R.A. Kartini nempel di tembok kiri. Asalnye dari gudang sekolahan, ada sejumlah poster pahlawan gitu,,mau dibuang soalnye kelas-kelas udah beli yang baru yang rada bagusan. Tapi kan sayang dibuang gitu aje,,Harum ngambil beberapa,terus dipajang deh di kamar sendiri.

Baru tidur bentaran, Harum kebangun.

“…apaan tuh tadi?”

Harum dapet mimpi aneh,,tapi dia lanjut tidur lagi. Dan dapet ngimpi yang sama. Ada jurig dua,, yang atu kayak mafia,,satunya lagi mirip anak kecil kepala kotak. Kagak jelas wujudnya,,jadinya yang kepikiran di Harum ya cuman jurig,,dedemit. Mereka ngomong aneh pula kayak gini kira-kira:

“Rapper …Makar…Alami…”

Harum capek,,mau tidur lagi. Tapi baru aja dia ngelosor di kasur,,perasaan dia langsung kagak enak. Mata kagak bisa diajak merem lagi,langsung bangun si Harum. Duduk dia di bangku deket jendela yang masih ditutupin gordeng,,,suasana kamar masih remang. terus detik berikutnye,,Harum kaget setengah mati.

DUEEEENG!!
DUER DUER DUER…
CAK JEEESSSSS!!
DUEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEERRR BUM
CUIIIIINGG!!
JREJESSS CAK JESSSS….

Ada bunyi kembang api dari luar,,tapi bunyinya kagak kayak kembang api Jakarta yang cuman sekali buuum langsung ciuss. Ini kayak bunyi kembang api beruntun yang sepektakulerr yang biasa ada di luar negeri gitu,,kembang api mahal.

Penasaran gitu Harum langsung ngebuka gordeng. Dan bujubuneng,,Harum makin melongo.

“Busyet itu ngapain Menara Pisa Itali ada di lapangan sebelah!!???”

SURAT 6
PENGEN GAYA NAIK MOTOR,,TAPI…

Buru-buru Harum ngeloyor keluar kamar,,masih pakek singlet dan celana pendek. Kagak sempet dandan,,cuman kacamata aje Bang yang kagak kelupaan dipakek si Harum. Sebentar-sebentar,,kembang api makin nyaring bunyinye. Bikin merinding si Harum,,kuping dia bisa ngedenger kalau nyaring itu bukan cuman bunyi kembang api tapi ada kecampur bunyi kayak pistol senapan gitu.

Itali. Langsung kepikiran mafia di bayangan si Harum. Apalagi kedenger juga kayak banyak tereakan orang gitu,,mirip ribut suara kalo ada tawuran. Harum kagak peduli lagi ini masih ngimpi apa bukan,,pokoknya cek dulu suasana di luar. Turun dia,,langsung ke garasi nyariin motor. Motor diidupin, Pintu garasi dibuka,,terus motor kecenya merk Herlida Pitson buru-buru dinaikin. Mestinya Harum bisa langsung tancep gas tapi baru 10 meter jalan itu motor,,udah gedebuk jatoh deh si Harum dari motornye.

“Ha? Kenapa aye…??”

Harum pusing. Tiba- tiba gitu dia serasa lupa gimana caranye ngendarain motor. Mestinya dia bisa naik motor. Orang ngasih dia julukan “Yang Punya Jalanan” karena si Harum paling keren pas dia naik motor gedenya itu. Tapi kenapa sekarang bisa kayak pegini nih? Serasa kayak anak kecil baru belajar naik sepeda,,kagak bisa nyeimbangin.

DOBOR DOBOOORRR!

“KYAAAAAAA!!!”

Kuping Harum nangkep lagi bunyi brederan pistol,,kali ini dibarengin sama jeritan cewek. Ninggalin motornye,,Harum milih buat lari aja pakek kaki sendiri. Ke arah sumber jeritan,,pokoknye.

Lalu tambah satu deh yang ngebikin bingung Harum, Bang,,ini komplek rumahnye udah kagak bisa dikenalin lagi. Jalanan sama gangnya nggak sama lagi,,rumah-rumah yang ada disitu pada berubah posisinye,,malah campur sama bangunan rumah gedong kayak punya orang bule Itali.

“Aye emang sekali-kali pengen nyoba icip pergi ke Itali, tapi kagak kayak gini juga!” ngedumel si Harum sambil tetep lari cepet.

Sampai di satu tikungan,,mata Harum melotot.

Ada cewek telentang,,pakaiannya sobek-sobek. Mau berontak tapi ditahan sama badan cowok di atasnye. Satu tangan cowok itu ngebekep mulut si cewek,,satu tangan lagi nodong pakek pistol yang keliatannya mahal.

“Gua nemu pistol bagus nih,, ngembat dari mafia Itali!” si cowok nembak ke lantai jalanan sebelah kuping cewek itu, DOOR!,, bikin cewek itu makin ngejerit nggak karuan, "Elu diem aja, *njing!! Kalo kagak pengen mampus mending lu….“

“Mending apa heh?!!”

Yang ngejawab malah Harum,,dari belakang si cowok pemerkaos. Akhirnya ketemu juga nih bajingan,,pikir si Harum. Kaget ngedenger suara Harum, cowok itu nengok dan gantian si Harum yang kaget. Udah malem, tapi sorotan lampu bikin muka cowok itu keliatan jelas.

“R-Robert???!”

SURAT 7
NGELAWAN PEMERKAOS

Harum sekelebat kebayang bagian dari mimpi anehnya,,pelan- pelan perkataan dua jurig di mimpinya jadi jelas.

“…mesti kalahkan musuh tangguh…
…lulus ujian…”

Tapi pas lagi bengongnya tuh Harum, Bang,, si Robert udah nembak ke muka Harum dua kali. DODOR! Untung masih ada replek di naluri silat si Harum. Seper sekian detik,,kepala Harum begeser dikit. Cuman pipinya aja yang keserimpet satu pelor. Pelor lainnya nyasar. Kacamata Harum jatuh deh pas ngindar tadi.

Pikiran Harum agak kalut. Di depannya,,muka Robert yang tadinya kece kini jadi kayak kutu kupret minta ditabok. Nggak habis pikir dia kenapa dulu bisa kepincut sama lelaki model begini..

“E..Elu ngapain nggangguin gue hah,,cewek preman?!! Gue kenal lu, si Kartini yang punya jalanan!” sewot Robert, udah siap nembak lagi. Biar bagaimanapun,,Harum ternyata dikenal juga sama dia. Itu yang ngebikin dia panik.”Tapi GUE KAGAK TAKUT AMA LU,,*NJING! GUE TEMBAK MAMPUS LU!!”

DOBORR!!

Dua pelor lagi melayang,,tapi kali ini Harum udah lebih siap. Nunduk dia cepet- cepet,,tuh dua pelor cuman lewat aja di atas kepalanya. Terus Harum langsung melesat ke depan. Kedua telapak tangannya kebuka di samping. Aura tenaga dalem mulai mancar dari kedua telapak tangan gadis pesilat itu…

…dua langkah,,tiga langkah,, DOBOR! .. Robert nembak tapi lagi-lagi meleset. Malahan Harum udah masang kuda- kuda dihadapan dia.

BUAK!! …satu tepisan ngegampar tangan Robert,,bikin pistolnya jatoh ke samping sementara tangannya kerasa nyeri banget. Tapi nggak selesai sampe disitu,,Harum langsung ngelanjut,,dan GACUAAAK!!! Sodokan tapak tangan telak banget mendarat di muka Robert! Kekuatan tenaga dalam Harum bikin itu jadi kerasa kayak ditabrak mobil,,apalagi kalau ngelawan cowok—entah kenapa kekuatan pukulan Harum jadi belipat ganda.

Robert melayang 10 meter ke belakang,,terus ngejungkrak kayak mobil F1 kecelakaan. Empat gigi rontok,,darah muncratt ngucur dari mulut,,muka Robert langsung jadi kayak kue cucur. Ngejengkang dia di jalanan, pingsan kagak sadar kan diri.

Cewek yang tadinya mau diperkaos sama Robert kini cuman bisa nangis kenceng,,Bang. Harum langsung ngerangkul deh,,biar diem tuh cewek. Kebetulan Harum kenal itu cewek adik kelas,,namanya Sariwati (namanya aneh,,jadi keinget bener sama si harum).

“Cep cep,,jangan mewek terus,,Sari..atau Wati? Atau apalah panggilan situ.”

Harum keingetan lagi sama kalimat dalam mimpi anehnya. Kali ini makin jelas dia ingetnya.

“Kalahkan musuh tangguh,,selesaikan tantangan dan lulus ujian sebagai Rapper.”

Musuh tangguh? Si Robert maksudnya?? Jadi ini dia lagi diuji nih ceritanya? Ujian jadi Rapper?? Macem Iwa K gitu? Harum kagak ngerti …mungkin kalimat yang dia denger di mimpi itu ada salah kata dikit atau gimana. Tapi belum sempet dia mikir,,Harum udah ngeliat dua sosok yang dikenalnya lagi lari kocar- kacir dua tikungan di depan.

“KOMAR! KOMIR!” panggil Harum.

SURAT 8
MASIH BELOM SELESAI…

“Gawat, Boss!! Kiamat,kiamat!! Kita diserang orang Italia!” cerocos Komar…dia sempet ngelirik badan Harum yang cuman pakai singlet dan celana pendek…seksi nih si boss.. tapi Komar kembali fokus.

“Terus sekolahan kita jadi sarang mafia, Boss!! Sempet ribut sama gerombolan preman pasar kenalan kita,,,t-tapi… t-ttapi Boss….itu tapi mereka….!!” Komir malah panik,,bukannya ngejelasin.

“Tapi kenape?!” bentak Harum.

“….T-tapi mereka,,preman pasar pada m-mampus boss!! 13 orang mati semua,,kagak berkutik kalau ngelawan pestol brederan gitu!” muka Komir udah kayak mau nangis…atau dia kayaknya emang beneran bakal nangis bentar lagi.

Harum langsung lemes ngedenger itu. Beneran ini nih,,masa’ orang bisa modar segampang itu?? Ini sebenernya dia lagi ada di mana sih? Kenapa tempat tinggalnya jadi kacau gini??

musuh tangguh…selesaikan ujian…

“Jadi ini ye,, yang mesti aye lawan?? Para mafia!” Harum langsung ngeh kalau yang dimaksud di mimpinye tuh … ya ngelawan musuh tangguh kayak mafia.

“Boss…ini sebenernya kita di mana sih??hks hiks..” Komir beneran nangish sekarang.

“Aye takut,,boss…bakal mati kayak Abang-Abang preman terminal tuh,,” Komar malah ikutan nangis.

Harum narik napas dalem- dalem. Dia sempet ngeliat ke dalam rumah-rumah… penduduk pada ngintip ketakutan dari balik jendela. Mereka juga kejebak di tempat aneh ini,,tempat tinggal yang udah kecampur sama tempat asing.

DUAANG
DJESS DJEESS CIU DJESS!!

Malem jadi terang. Kembang api nyembur indah di langit,,bikin Harum dan Komar-Kamir nengok ke atas. Terus mereka diem sampai Harum nepok pundak Komar sama Kamir.

“Oi, Komar, Kamir.”

“Iya,BOSS!!?” jawab mereka barengan.

“Situ bedua bawa pulang si Sariwati nih ke tempat aman.”

Komar-Kamir nengok ke samping, ada cewek yang kondisinya cukup ngenes keliatannya.

“Terus Boss mau ngapain??” tanya Komar.

Harum Kartini senyum. Dia makek lagi kacamatanya yang tadi jatoh sembari dielap-elap biar bersih.

“Aye mesti nantangin si Boss Mafia….”

SURAT 9
NGELAWAN DON ITALIANO

Baru nyampe di depan gerbang sekolah,,Harum udah dihujanin sama pelor-pelor dari mafioso. Buru- buru si Harum belindung di balik tembok. Dia teriak. “Tenango!! Tenang-o! Jangano tembak-tembako!!” bahasa Italiano KW2. Tapi…BRODORDORDOR! Malah si Harum makin ditembakin.

Satu menit Harum ngumpet di balik tembok,,baru deh tembakanya berenti. Habis pelor mereka apa gimana? Terus tahu-tahu nongol 2 mafia ngecek gerbang. Kesempatan nih,,pikir Harum. Waktu dua mafia itu masih lengah, Harum langsung nerjang.

Digetok belakang leher satu mafia kenceng banget,,pakai silat Tapak Harum. Badan mafia yang gedenya hampir 2 meter itu roboh. Satu lagi mau ngelawan tapi Harum udah keburu nempelin ujung potongan besi pager yang tajem ke leher si mafia.

“Bawa..o aku..o … ke situ..o punya Boss..o!!” seru Harum.

“Che Cosa??” jelas aja si Mafia kagak ngerti Italia KW 2 nya si Harum.

“BOSS! BOSS-O!” Harum kali ini pakai satu kata aja yang kira-kira artinya bisa dingerti gitu sama si mafia. Dibantu pakek isyarat jari juga,,nunjuk ke si mafia … Boss elu! Boss elu!

Harum kagak tahu kalo ternyata yang dia ancem itu ternyata anak si Boss besar,,cocok deh buat tameng biar mafia lain kagak nembakin Harum. Mereka cuman ngarahin ujung senapan aja,,kagak berani narik pelatuk. Sambil nyandera tuh anak Boss,,akhirnya Harum dibawa masuk ke dalam sekolah yang udah dikuasain mafia.

Akhirnya Harum masuk ke ruang kepala sekolah,,tempat Boss besar mafia udah nunggu. Dia duduk sambil ngisep rokok cerutu gede banget kayak cerutu Kuba. Pakaiannya perlente kayak di filem Godfather. Harum langsung jorokin tuh anak Boss sampai jatuh ke depan. Ajudan Boss besar udah mau ngamuk nembak,,tapi ditahan sama si Boss.

Harum ngasih kode pakai telunjuk ke arah si Boss “Dirimu!” lalu nunjuk ke badannya sendiri “Dan aku!” lalu pasang dua tangan mengepal,, “Berantem!!”

Si Boss ketawa pakai bahasa Italia. Lalu dari lagaknya,,dia kayaknya nerima tantangan dari Harum. Kebukti sama dia nyuruh ajudan- ajudannya minggir. Boss pun maju ke depan.

Badannya keliatan keker banget pas dia ngelepas jubah bulu-bulu angsa yang tadinya nempel di setelan jasnya yang item-item. Kepalanya botak…padahal Harum udah ngebayangin bakal ketemu mafia rambut klimis. Sambil masih ngisep cerutu kuba,,si Boss ngomong. “Don Italiano!”

Terus dia nunjuk ke arah Harum pakai isyarat. Dibales. “Harum Kartini binti Sabeni!” Dia langsung ambil kuda-kuda,,kaki ngebuka dan napak kenceng,,dua telapak tangan nyilang di depan badan.

Don Italiano juga ngambil kuda- kuda kayak petinju,, kedua kaki mulai gerak-gerak lincah sambil dua tangan masang tinju. Kita sampai di klimaks nih, Bang!

SURAT 10
ADU JOTOS SILAT VS TINJU KAYAK DI IP MAN 3…

Di luar,,kembang api terus jejedoran bikin langit indah.

Di dalem ruangan,,Harum kepental ke belakang sehabis kena hantem tinju. Dia masih bisa napak nggak jatoh,,tapi tangan yang dipakek buat nahan tinju kerasa nyeri banget. Kuat abis deh pukulan si Don! Dan yanng lebih bahaya itu… jangkauan tangannya yang jauh di atas Harum.

Berkali- kali ayunan tinju Don bikin Harum gagal masuk ke area serangnya,,kagak bisa ngedaratin satu tapak sekalipun. Tapi Don juga kayaknya nggak sabaran pengen cepet ngeberesin lawannya.

“APPERKAT!!”

Don lecutin tinju dari bawah,,ngincer dagu Harum. Untung Harum masih bisa ngeles ke samping. Dan kali ini Harum cukup deket.

“TAPAK HARUM!!!!!!!” kagak tahu kenapa Harum neriakin nama jurusnya,,tapi karena si Don tadi neriakin teknik tinjunya,,entah kenapa Harum merasa mesti ngikut teriak juga.

DOn udah masang dobelkover,,sayang banget. Tapi teknik tapak dari si Harum juga kagak sembarangan. Ditambah aura tenaga dalam,,,cukup buat maksa Don kedorong mundur selangkah dua langkah ke belakang.

Don kezel, dia bales nyerang. Harum ngelak,,sembari balik mukul,,yang lagi-lagi ditahan sama dobelkover Don yang alot banget. Don ninju membabi- buta,,Harum mundur. Sementara itu,,,aura tenaga dalam yang kedua tangan Harum makin tebel. Dan…

“Fraganza??” kata si Don…nyium bau wangi ajaib dari kedua tangan Harum.

Penjelasan dikit,,silat tapak Harum memang numpuk tenaga dalem dari makin banyak adu pukulan. Kalau udah kekumpul banyak,, Harum bisa ngeluarin jurus Ledakan Tapak Harum. Tapi untuk sekarang dia ngerasa belum cukup…

Don ngasih pukulan straik dan huk berturut-turut,,bikin Harum kedesak. Rupanya Don pakek naluri juga bisa nebak kalo bahaya jika ngebiarin tenaga dalem Harum makin bertambah.

Satu tinju nyerempet pipi Harum,,bikin kacamata dia jatoh lagi. Emosi Harum kesulut deh,,”TAPAK HARUM!!!” dia coba nyodok sisi kiri leher Don yang kebuka. Tapi rupanya itu perangkap. Pukulan Harum meleset soalnya Don berayun nunduk pakai gaya bertinju gitu. Malahan satu jeb kecil dari Don mendarat lagi di pelipis Harum,,lumayan telak, Bang.

Harum semaput,,tapi Don belum puas. Dia nangkep kepala Harum pakek dua tangan,,maksa badan gadis itu ngebungkuk. Lalu yang bikin Harum kaget itu teknik Don berikutnya,,,”KNIE STRAIK!!” Don ngasih hanteman lutut yang sadis kencengnya ke perut Harum. darah muncratt..

Harum ambruk ke lantai…..
udah KO dia?

Don ngangkat kedua tangannya ke atas,,begaya menang kayak petinju di ring. Dia lupa kalau aura tenaga dalam di kedua tangan Harum masih lumayan tinggi.

Harum belon pingsan. Badannya emang lemes habis dilutut sama Don,,tapi Harum masih sadar. Dan posisi tengkurep gitu,,Harum coba nyerang kaki Don. Kali ini dengan ngerahin seluruh aura di tangan kanan…”LEDAKAN TAPAK HARUM!!”

Don kaget setengah mati! “UWOOOAAAARRRRRGGGGGGGGH!!!” Kayak ada petasan meletus di lutut kirinya,,nyemburin wangi bunga…dan bikin tulang kakinya remuk! Don jatoh setengah berlutut..

Ajudan-ajudan nya yang sedari tadi cuma nonton langsung mau ngambil pestol dari balik jas mereka sewaktu ngeliat Don jatuh.. tapi untungnya posisi Don ngebelakangin mereka,,dan badan Don yang tinggi gede bikin Harum bisa jadiin itu tameng kalau- kalau para ajudan mau nembak.

“LA PUTTANAAAAA!!!!” maki Don,, entah apa artinya…

tapi Harum udah siap dengna tangan kirinya yang masih ada sisa tenaga dalem. Dia bangkit sambil memasang kuda-kuda.

SURAT 11
DOMBA PUTIH (BUAT LEBARAN HAJI ATAU APAAN??)

Kaki kanan Harum napak ke depan,,terus telapak tangan kirinya dilesatin sekuat tenaga. Don coba masang dobelkover tapi kagak sempurna…pukulan Harum bisa nembus di celah pertahananan Boss mafia itu,,dan…

BUUUUUUMM!!!

Percikan bunga semerbak nyebar ke seluruh ruangan…aura tenaga dalam Harum meledak dahsyat banget deh. badan jumbo Boss mafia Don Italiano langsung diterbangin ke belakang…10 meter…terus nabrak kaca jendela dan melesat keluar! Badan dia nyusruk di pohon taman sekolah.

Para Ajudan,,dan juga anak si Boss,,pada murka deh. Mereka udah siap buat ngebunuh Harum pake senapan mesin,,tetapi tiba- tiba seluruh ruangan bergetar kenceng banget… gempa!! Harum dan semua orang yang ada di ruangan itu langsung hilang keseimbangann,,jatoh semua gitu. Dan getarannnya masih terus lanjutt.

Harum nyadar kalo ini kesempatan bagus buat dia kabur…tapi badannya masih lemes banget sehabis dihajar Don tadi. Apalagi selepas ngeluarin jurus Ledakan tapak Harum…tenagannya kekuras hampir nggak ada sisa.

“Aye pasrah deh ….” baru aje mikir begitu, Harum ngerasa ada yang empuk- empuk di belakang dia. Pas Harum nengok,,ternyata…

“MBEEEEEE!!!!!”

Ada domba putih…terus domba itu langsung nyeruduk Harum biar dia naik ke punggung si domba. Kemudian tanpa diduga…domba itu melesat kabur cepet banget kayak setan. Ngelompat keluar jendela dan wuuuush!! Harum lolos deh dari sarang Mafia.

SURAT 12
MAFIA TERAKHIR??

Mahluk kecil ajaib berkepala bantal itu masih main- main sama tongkat permennya…diarahin tongkat itu ke atas dan…. rangkaian kembang api cantik tercipta.

“Oi, Huban,,udahan napa mainan kembang apinya?!” kata sosok disamping mahluk itu.

“Om Nurma kepengen main juga, ya??” balas mahluk kepala bantal. Sosok yang disapanya tampak kayak pria biasa tapi pakek pakaian necis kayak gerombolan mafia yang tadi dilawan Harum.

Dari suatu arah,,datang deh seekor domba putih yang bawa seorang gadis muda yang cuman pakai kaus singlet dan celana pendek,,yakni si Harum. Domba itu ngerem,,,Harum ngejengkang jatuh dari punggung si domba. “Aduduuhhh!!”

Nurma ngelihatin Harum dengan pandangan nyelidik gitu, “Jadi ini Revereir yang udah lolos ujian, Huban? Kasih baju bagusan dikit napa…”

“Dia berhasil ngalahin pemerkosa dan boss mafia! Keren, Om!” seru huban semangat banget.

Harum yang bangkit dan ngeliat sosok Nurma,,langsung panik. “M-MAFIA!!” ditonjok deh muka Nurma! Tapi ajaibnya tuh …. badan Nurma tahu-tahu aja jadi cahaya. Nggak mempan di tonjok. Dan cahaya itu ngebentuk tubuh Nurma lagi.

“Oi,,oi,,,sopan dikit napa! Gua bukan bagian dari kelompok mafia yang situ lawan tadi!” omel Nurma.

Harum bingung, “J-jadi kalau begitu kau siapa??”

Nurma tinggal senyum deh, udah bisa nebak bakal ditanya begitu.

“Aku dan si Bantal ini adalah … sebut aja penyelenggara gitu deh. Dan selamat buat situ,,,udah lolos ujian! Situ layak jadi Revereir! Wahai Raden Ajeng Kartini, pejuang Emansipasi! Tentu aja wanita pun boleh bermimpi…”

“HAAAAAAH???? Bukan!! Aye bukan Raden Ajeng Kartini!! Aye…HARUM KARTINII!!!”

Jadi gitu deh Bang ceritanye.

Harum Kartini kejebak di suatu turnamen ajaib … dimana dia bakalan ketemu lawan-lawan aneh … di mana dia bakal ngewujudin mimpinya. Pertanyaannya: dia bakal lolos kagak, yak??


***

1) Lukisan R.A. Kartini yang ditiru sama si Harum:


>Cerita selanjutnya : [ROUND 1 - 8I] 44 - HARUM KARTINI | NGIMPINYA PEREMPUAN (1) : ABUGET!

25 komentar:

  1. 'Kartini jaman sekarang'
    Ntah kenapa tapi rasanya pas banget sama sebutannya x'D

    Haduh finggang ane ngorbit(?) Akakaka

    Bahasa yang bebas seperti nulis surat pas banget sama karakternya.

    Sumpah ane kehibur banget sama entri prelim terakhir ini.
    Dari logat dialognya, narasinya, bahkan judul tiap chapternya x'D

    ---------------
    Rate = 10
    Ru Ashiata(N.V)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Bang,,ini emang ceritanya kayak lagi surat-suratan gitu.
      Aye terima nilainya dengan senang hati

      Hapus
  2. trivia bor

    - Tahun lalu,submiter pertama di prelim bor V, tahun sekarang, jadi yang terakhir. :v

    tp gaya khas Mustofa bener-bener kagak berubah. betawinya kentel asli. konsep bawa mafianya ngingetin ane ama sinetron Zorro Betawi, tarzan betawi.. pokoknya jagoan" betawi deh.

    plotnya sih simpel dan agak repetitif, tp penarasiannya bner-bner mengubah suasana entri jadi berkesan komedik. kaya entri martha yang "bandungnya" kental punya.

    tp untuk aksinya sendiri, masih agak kaku buat saya sih. Overall menghibur banget

    8

    Axel Elbaniac

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iye bang,,masi inget aje taun lalu aye nitip nomor absen paling awal..lagi kebetulan bisa cepet itu,,kalo seakrang lagisibuk ama kerjaan,,untung masi keburu deh nulis di detik-detik terakhiran gitu

      Aye emang keinspirasi sama entrinye Bang Dendi gitu dari jaman Asep,,makanye pakek bagian nomer judul gitu.

      Masukannye aye terima,,juga nilainya,dngan senang hati

      Hapus
  3. Keren. Ini contoh tulisan yang saya beneran ga peduli sama teknisnya karena isinya beneran menghibur, jadi kalo antara teknis sama isi cerita dikasih timbangan, udah berat sebelah banget. Lebih" enjoyable dari Kumirun taun lalu

    Ga usah pake bacot panjang" deh, intinya saya suka. Taun ini maju terus bang

    Nilai 9

    BalasHapus
    Balasan
    1. 66 entries, all commented

      Hapus
    2. Wah sukur deh kalo lebih bagusan ketimbang taun lalu,,makasih banget.
      Aye terima nilainya dengna senang hati

      Hapus
  4. Ini entri anjrit banget. Ampun-ampunan, Bang. Makasih banget bikin aye ketawa, unmood aye jadi ilang. Mwehehe xD

    ^Duh, maaf jadi gaje.

    Tapi sumpah, saya baca entrinya enjoy banget walau banyak eror bahasanya. Biasanya kalo ada salah apa-apa, saya suka ngomel-ngomel sendiri. Yang ini? Sukses bikin saya lupa semua itu. Kalau dijelasin ... lucunya entri ini nggak perlu dihubungi sama referensi tertentu (yang mana belum tentu semua orang ngarti humornya), jadi bisa dinikmati buat saya.

    Yah, tapi gimanapun juga ... saya mau objektif dah. Kalau objektif saya kasih 6 karena erornya kebangetan, Bang. Coba kalau lebih rapi. Tapi kalau dari hiburan yang saya dapet dari entri ini,

    jadi 8 dah.

    -Sheraga Asher. Moga maju terus Bang~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. aye juga minta ampun,,Mpok...tulisan aye emang berantakan pakek banget
      Makasih buat komennya,,nilainya aye terima dengan senang hati

      Hapus
  5. Lebih enak bacanya ketimbang entri Kumirun tahun kemarin, Bang //eh

    Penceritaannya sukses bikin ketawa, saya juga suka Kartini yang karakternya sederhana tapi ngena. Lukisannya Kartini itu, astaga =)) =))

    Saya suka pas Kartini ngehajar Robert yang bener2 tanpa ampun. Biar dia orang yang pernah disukai, ternyata si mba lebih mentingin prinsip ketimbang rasa. Mantap~

    Adegan berantem di akhir2 terlalu cepat rasanya. Lalu, secara teknis sih banyak kekurangan, tapi saya tak mau dibogem Kartini--eh maksudnya saya memang enjoy baca entri ini.

    Jadi nilai 8 untuk Kartini yang harum namanya
    --
    Marietta Sullivan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iye,,sukur emang deh kalo bagusan ini dari taun lalu. moga terus bisa nulis aye..

      Gambarnye itu,,aye curiganye emang jadi jelek karena udah pengaruh ngimpi gitu,,kayak Harum kagak bisa naik motor lagi...tapi lupa aye ceritain

      Makasih udah mampir sama komen,,aye terima nilainye dengan senang hati

      Hapus
  6. Ceritanye bagus banget, Bang.

    Kartini dari Betawi ketemu sama mafia dari itali, gebuk-gebukan sampai mau mati diselamatin domba putih dari alam mimpi.

    ^itu sinposisnya.

    9 dariku
    -=AI=-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iye itu kira-kira ringkasan ceritanye emang kayak gitu,,bang.
      Makasih nilainya,,aye terima dengna senang hati

      Hapus
  7. Haha, aduh finggang ane terbang, ngakak sumpah baca ini. Udah gitu narasinya bikin semua pembaca jadi ngerasa kaya abang2 lagi, ga peduli cowok atau cewek yg baca. Pokonya semua yg baca dipanggil bang. Haha xD
    Dan apa-apaan lukisan harum itu, anak TK bahkan bsa lebih baik. *siap2 kena tonjok.

    Aduh top dah cewek yg satu ini,udah cakep, kuat pula.
    Untuk plot ceritanya udah pas sesuai kriteria prelim dari panitia, ceritanya jg teralur dengan baik. Keren dah pokonya, ya cuma sayang aja pas bagian lawan don italianonya masih kurang greget. Pacenya cepet...
    Tapi overall this entri is bajirut. Haha

    Nilai : 9
    Mahapatih Seno

    BalasHapus
    Balasan
    1. tadinye mau aye kasih panggilan mpok,,ncang-ncing juga,,tapi kebanyakan,,terus jadi kagak kayak surat gitu ..malah jadi orang ngomong di panggung lenong

      Iye itu kayaknye kurang dibikin lebih dramatis lagi ye gelut sama Italiano...pengennye sih cepet gitu 3 menit doang kayak Mike Tyson pas ngelawan IP MAN.

      Makasih bang,,aye terima nilainya dengan senang hati

      Hapus
  8. Nah, perkembangan besar-besaran nih bang!

    Narasi semau gue tapi adegannye cling banget bang kayak kaca gedung!

    Khas banget tulisan ngelenong banget, tapi ceritanye kagak ngebosenin.

    Adegan-adegannya udah pas lah, bak bik buk dobor dobor mantep daaah.

    Maju terus rum, biar bisa adu panco ama mbah!

    Nilai 9

    Salam Sejahtera dari Enryuumaru dan Mbah Amut

    BalasHapus
  9. Serasa diceritain sama babeh betawi gara akhiran "bang"-nya.

    Bener-bener menghibur, deh. Walau cerita simpel, tapi kalau pembawaannya begini mah, jadinya malah top banget. Pun dengan teknis kepenulisannya, di lupain juga sepertinya malah oke-oke aja. Tapi jangan ngasal juga sih.

    Sebenarnya ngga ada lah yang buat di komen di entri ini, tapi menurut saya, dua koma berjejer ",," itu agak mengganggu. Tapi, overall tetap menghibur.

    Nilai 9

    OC: Alexine E. Reylynn

    BalasHapus
  10. ok saya instant lost di rapper makar alami x'D

    hm, enggak ada yg bisa dikomenin lagi kayaknya. mengesampingkan gaya penulisan, alur jelas; harum pengen memberantas 'kriminal' terus dilanjutin ke alam mimpi.

    alignment challenge-nya ok, ceritanya ngalir, karakterisasi bagus.

    nilai: 8
    oc: castor flannel

    BalasHapus
  11. saya suka pake bnget pangkat sepuluh ini cerita. dari awal sampai akhir gokil. apa lg pas nglawan don italiano jd mendadak warkop DKI. nggak punya bnyak komen tentang ini. pokoknya suka aja. hehehe. 9

    BalasHapus
  12. Apa saya aja yang ngebaca narasi ceritanya pake suara Bunyamin Sueb, saking naturalnya bahasa yang digunain? Komedinya khas banget bang. Lain-lain udah diomongin sama yang di atas, saya numpang makasih aja bang. Lucu ceritanye.

    9

    Gold Marlboro

    BalasHapus
  13. komedinya asik! ngebawain cerita dengan gaya betawi gini cocok banget sama karakter OC nya, saya suka.
    Tapi koma yang berjajar itu jadi bagian yang agak mengganggu buat saya. Ada sedikit typo, entah disengaja atau tidak tapi nggak bikin bingung, sih.
    overall, entri ini sangat menghibur buat saya.

    Nilai dari saya : 8
    OC : Catherine Bloodsworth

    BalasHapus
  14. Nilai 10 deh buat Abang

    Ceritanya bener2 ngehibur banget.
    Ane udah kagak bisa komen klo udah ngasih nilai full gitu.

    PenulisDadakan (Arca)

    BalasHapus
  15. 9

    Wohoo...olala.. girang rasanya baca thread ini.. ya sempet ragu juga nih pas awal agak aneh gaya penulisannya. But the end, enjoy banget lah..
    Teknik penulisan emang kagak normal, tapi bisa dinikmati. Kan aneh juga itu banyak doubblecomma... hhehe
    Rapihin dikit dan perfect blend lah..
    Udah gitu aja kok

    Sincerenly,
    RJ Marjan

    BalasHapus
  16. Ide : Sangat Baik = 2
    Plot : Sangat Baik = 2
    Tingkat kemudahan di cerna : Sangat Baik = 2
    EYD : Lumayan = 1
    Usaha : Sangat Baik = 2

    Nilai : 2 + 2 + 2 + 1 + 2 = 9

    Cerita ini benar2 sangat menghibur hanya sangat disayangkan pada penggunaan koma yang doble2 itu dan penggunaan istilah2 non baku yang tak di cetak miring.

    Nilai : 9

    Newbiedraft / Revand Arsend

    BalasHapus

Selamat mengapresiasi~

Tuliskan komentar berupa kesan-kesan, kritik, ataupun saran untuk entri ini. Jangan lupa berikan nilai 1 s.d. 10 sesuai dengan bagus tidaknya entri ini berdasarkan ulasan kalian. Nilai harus bulat, tidak boleh angka desimal. Perlu diingat, ulasan kalian harus menunjukkan kalau kalian benar-benar membaca entri tersebut, bukan sekadar asal komen. Admin berhak menganulir jika merasa komentar kalian menyalahi aturan.

PENTING: Saling mengkritik sangat dianjurkan tapi harus dengan itikad baik. Bukan untuk menjatuhkan peserta lain.