Sabtu, 25 Juni 2016

[KURATORIAL] ROUND 1 | KONFLIK DAN KEINGINAN


Did you think you have survived, yet?
Did you think that you’re the only one?
What if you weren’t really so special?
What if everybody else
had their dreams too?
Bigger dreams, stronger dreams,
the desires…
Their strong desires had brought out
much bigger conflicts,
And what if you were told to face
everybody else’s desires?
And as before, you can’t run away…
You are the Reveriers, and so they are,
and We want you all to continue
making such great arts..

--

====================================
BATTLE OF REALMS 6 : MASTERPIECE OF REVERIERS
ROUND ONE MATCH
==================================

Para peserta akan melanjutkan kisah 61 pemimpi yang berhasil lolos dari babak prelim yang lalu. Silakan baca dulu cerita pengantar dari panitia di sini dan keterangan pembagian settingan di sini.

Berikut adalah inti cerita untuk R1 ini:

  1. Setelah diundang untuk melihat hasil karya prelim, setiap reverier akan dipulangkan oleh Ratu Huban ke Bingkai Mimpi masing-masing (sesuai yang ada di entri prelim). Jika Bingkai Mimpi kalian hancur pada cerita itu, maka akan terbentuk lagi seperti semula. Minus mereka yang mati pada cerita prelim, entah itu sub-OC ataupun lawan OC kalian pada cerita prelim, maka semua penduduk yang terjebak di Bingkai Mimpi akan tetap berada di sana. OC kalian tetap bisa berinteraksi dengan mereka seperti biasa, termasuk kepada sub-OC yang masih hidup.
  2. Bingkai Mimpi ini akan menjadi semacam base OC kalian selama di Alam Mimpi. Setelah dipulangkan oleh Ratu Huban ke sana, maka OC kalian akan mempersiapkan segala sesuatunya di sana (makan, minum, mandi, istirahat, mengisi ulang amunisi, charge baterai ponsel, dan sebagainya), sebelum OC kalian berangkat ke lokasi pertempuran berikutnya.
  3. Akan datang pemberitahuan (wujudnya bisa berupa surat, email, atau apapun yang relevan dengan semesta Bingkai Mimpi OC kalian) dari Sang Kurator tentang lokasi pertempuran berikutnya, yaitu di salah satu dari 12 Bingkai Mimpi yang sudah diumumkan di postingan sebelum ini. Kalian boleh menyertakan informasi lengkap tentang lokasi itu berikut dengan OC mana saja yang akan dikirim ke sana, kalian boleh juga tidak menyertakan informasi itu secara lengkap.
  4. Domba yang diberikan Ratu Huban akan mengantar OC kalian ke lokasi itu. Domba ini punya kemampuan membuka gerbang dimensi antar Alam Mimpi, sehingga OC kalian bisa pergi ke lokasi yang dituju. Tapi kemampuan ini hanya bisa digunakan sekali saat berangkat. Dan hanya bisa digunakan lagi untuk pulang ke Bingkai Mimpi OC kalian setelah misi di sana selesai. Sebelum berangkat, tentukan apakah OC kalian akan mengajak sub-OC-nya, atau meninggalkan mereka di base Bingkai Mimpi atas alasan tertentu?
  5. Setiap OC di satu grup akan sampai di tempat yang berbeda-beda pada Bingkai Mimpi R1, ada yang diturunkan di dekat kubu 1, ada yang di kubu 2, atau di tempat lain lagi. Plot OC kalian akan dimulai dari tempat di mana mereka diturunkan oleh si domba, jadi pikirkan itu baik-baik.
  6. Sebagai penulis, kalian bebas mengatur peran OC lain di cerita R1 ini. Apakah mau membagi rata jumlah OC di masing-masing pihak? Atau mau lebih banyak jumlah OC di pihak lawan OC kalian? Itu terserah kalian. Akan sangat disarankan jika setidaknya ada 1 OC peserta lain yang berada di pihak yang berseberangan dengan OC kalian.
  7. OC tamu yang muncul di setiap Bingkai Mimpi R1 adalah sepenuhnya untuk kalian olah. Bisa dibuat hidup, dimatikan, atau malah diculik dan direkrut sebagai sub-OC kalian ke depannya.
  8. Tuntaskan misi, dan domba mengasih tanda (mengembik ._.) kalau OC kalian bisa pulang ke base Bingkai Mimpi.


Berikut adalah cara mengirim entri/penilaian untuk babak preliminary ini:

  1. Deadline babak preliminary ini adalah sampai tanggal 24 Juli 2016, pukul 23.59 WIB.
  2. Kopas seluruh entri kalian ke badan email serta lampirkan file Word-nya sebagai backup, lalu kirimkan ke battleofrealms.id.masterpiece@blogger.com cc ke battleofrealms.id@gmail.com
  3. Apa yang tertulis ada di badan email adalah apa yang akan muncul di blog sebagai postingan entri prelim kalian. Jadi buatlah yang rapi dan periksa lagi tata bahasanya karena panitia tak akan mengedit segala kesalahan penulisan.
  4. Subject email adalah [ROUND 1 - NOMOR GRUP ANGKA SETTING] NAMA OC | JUDUL CERITA, contoh: [ROUND 1 - 2B] BU MAWAR | GURU YANG MENUNGGU THR KE-13
  5. Panjang cerita maksimal di kisaran 15K (antara 15.000 kata sampai 15.999 kata).
  6. Semua entri akan diposting di blog dan dipublikasikan melalui page BoR.
  7. Setiap peserta wajib membaca dan memberikan review ke minimal 10 entri peserta lainnya. Yaitu 5 entri sebelum dan 5 entri sesudah nomor entri kalian secara berurutan. Jika entri kalian no 1, dan entri terakhir no 61, maka kalian wajib mereview dari no 2-6 dan no 57-61.
  8. Review yang dianggap valid adalah yang sesuai ketentuan review (tertera di kolom komentar pada blog), dan juga menyertakan nilai angka untuk entri tersebut. Jika kalian berprinsip untuk tidak memberikan nilai angka ke saingan segrup, dan kebetulan entri itu ada di daftar wajib review kalian, maka gantikan review wajib itu ke nomor urut berikutnya. Review tanpa nilai tak akan dihitung.
  9. Jika tidak memenuhi kuota review, maka akan ada penalti berupa pengurangan nilai rerata sebesar 1,0 tiap kurang 1 review. Jadi bukan tidak mungkin entri yang ceritanya sangat bagus malah tersingkir di R1 karena tidak pernah memberikan review ke entri lain. Dan untuk menambah ketatnya persaingan, tetap diberlakukan bonus review senilai 0,01 pada setiap entri yang kalian berikan review di luar review wajib.
  10. Batas komentar adalah seminggu setelah deadline R1, yaitu tanggal 31 Juli 2016, pukul 23.59 WIB.
  11. Sistem eliminasi pada R1 ini: peserta yang lolos ke babak berikutnya adalah 48 peserta dengan nilai akhir tertinggi (nilai rerata awal + bonus review – penalti review).


Berikut adalah aturan cerita untuk R1 ini dan seterusnya:

  1. Pada kanon panitia, semua OC, sub-OC, atau karakter apapun yang gugur pada babak prelim dan R1 akan menjadi properti dari Museum Semesta.
  2. Rawatlah domba OC kalian. Binatang itu bisa jadi rekan berharga jika OC kalian cukup dekat dengan mereka. Pada awalnya mungkin domba itu sulit diurus dan diatur, tergantung skill OC kalian ke binatang pada umumnya. Pada R1 dan terus berlanjut ke babak berikutnya, domba OC kalian akan bertambah kuat seiring dengan bertambahnya inspirasi dan energi impian dari OC kalian.
  3. Pada babak prelim, OC kalian kehilangan inspirasi sehingga melupakan seluruh kemampuan mereka kecuali yang dasar saja. Pada R1, OC kalian bisa mulai belajar kembali bagaimana melakukan teknik-teknik yang terlupakan itu. Carilah inspirasi untuk melakukannya kembali. Batasan reunlock kemampuan khusus itu adalah 1 slot skill pada R1. Pilihlah dengan bijak kemampuan mana yang butuh untuk diingat kembali secepatnya, mana kemampuan yang bisa ditunda dipelajari untuk kesempatan lain.
  4. Kekuatan domba OC kalian akan mulai terlihat saat menemani OC kalian di R1. Mereka merupakan tunggangan yang tangguh, bisa berlari secepat kuda perang namun dengan punggung yang lebih empuk. Dan sesuai dengan pilihan setting Bingkai Mimpi R1, domba itu juga akan sedikit berevolusi menyesuaikan keadaan. Misal di settingan lautan, si domba bisa belajar berenang dengan cepat. Atau di settingan langit, si domba bisa melompat sangat tinggi atau malah bisa menumbuhkan sayap kecil.
  5. Semua kekuatan yang berhubungan dengan pindah dimensi akan dibuat non efektif oleh Sang Kehendak sehingga OC peserta, sub-OC, atau karakter manapun, tak bisa melarikan diri selama berlangsungnya turnamen. Kekuatan sejenis yang hanya memindahkan barang/senjata dari dimensi lain masih diperbolehkan.
  6. Sejak masuk ke Alam Mimpi, jiwa OC peserta sudah dikuasai oleh Sang Kehendak. OC bisa hancur lebur dibunuh tetapi jiwanya akan tetap utuh. Mirabelle bisa menyembuhkan OC peserta (atas izin Sang Kehendak) dan menanamkan kembali jiwa itu ke tubuh OC peserta. Jadi jangan ragu kalau kalian mau membunuh dan membuat OC lain hancur berkeping-keping.
  7. OC panitia seperti Zainurma, Mirabelle, Ratu Huban, Oneiros, dll., memiliki kemampuan abstraksi yang membuat mereka kebal dari serangan peserta. Jadi, jangan repot-repot menyerang mereka. Nanti akan ada saatnya di mana OC peserta bisa meruntuhkan pertahanan abstraksi tersebut.



=======================
SELAMAT BERMIMPI DAN BERKARYA
=======================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat mengapresiasi~

Tuliskan komentar berupa kesan-kesan, kritik, ataupun saran untuk entri ini. Jangan lupa berikan nilai 1 s.d. 10 sesuai dengan bagus tidaknya entri ini berdasarkan ulasan kalian. Nilai harus bulat, tidak boleh angka desimal. Perlu diingat, ulasan kalian harus menunjukkan kalau kalian benar-benar membaca entri tersebut, bukan sekadar asal komen. Admin berhak menganulir jika merasa komentar kalian menyalahi aturan.

PENTING: Saling mengkritik sangat dianjurkan tapi harus dengan itikad baik. Bukan untuk menjatuhkan peserta lain.